ORANG-ORANG YANG BERJAGA

 RENUNGAN NATAL

TGL 25 DES 20

Kepada semua Pecinta dan Pemerhati RH, saya ucapkan SELAMAT NATAL. Semoga Sang Juru Selamat yg kita sambut, mberikan kedamaian yg besar kpd kita semua. 

Yesaya ( Yes 62: 11-12 ) mewartakan: "Inilah yang telah diperdengarkan TUHAN sampai ke ujung bumi! Katakanlah kepada puteri Sion: Sesungguhnya, keselamatanmu datang. Mrk yang menjadi upah jerih payahNya ada bersama dg Dia dan mereka yang diperolehNya berjalan di hadapanNya.  Orang akan menyebut mereka "bangsa kudus", "orang-orang tebusan TUHAN", dan "yang dicari", "kota yang tidak ditinggalkan". 

Paulus dalam suratnya kpd Titus (Tit 3: 4-7) menulis:  "Telah nyata kemurahan Allah, Juruselamat kita, dan kasihNya kepada manusia. Dia telah menyelamatkan kita, bukan karena perbuatan baik yang telah kita lakukan, tetapi karena rahmatNya  dalam Kristus. 

Oleh permandian kelahiran kembali dan oleh pembaharuan yang dikerjakan oleh Roh Kudus,  kita berhak menerima hidup yang kekal, sesuai dengan pengharapan kita.

Lukas (Luk 2: 15-20) mengabarkan: "Setelah para malaikat itu meninggalkan mereka dan kembali ke sorga, para gembala itu berkata seorang kepada yang lain: "Marilah kita pergi ke Betlehem untuk melihat apa yang terjadi di sana, seperti yang diberitahukan Tuhan kepada kita." 

Lalu mereka cepat-cepat berangkat dan menjumpai Maria dan Yusuf dan bayi itu, yang sedang berbaring di dalam palungan. Ketika melihat bayi itu, mereka memberitahukan apa yang telah dikatakan kepada mereka tentang Anak itu. Dan semua orang yang mendengarnya heran tentang apa yang dikatakan para gembala itu kepada mereka. Tetapi Maria menyimpan segala perkara itu di dalam hatinya dan merenungkannya. 

LaLu kembalilah para gembala itu sambil memuji dan memuliakan Allah karena segala sesuatu yang mereka dengar dan mereka lihat, semuanya sesuai dengan apa yang telah dikatakan kepada mereka".

Hikmah yg dpt kita petik: 

1. Berita ttg  firman ini: "Sesungguhnya, keselamatanmu datang" dikehendaki Tuhan utk dimaklumkan ke seluruh bumi. Artinya tidak ada satu manusia yg dikecualikan. Semua dicintai dan  diperhatikan Allah. Klo demikian, sbg perpanjangan tangan Tuhan, hendaknya umat beriman rela dan bersedia MENERUSKAN DAN MENGHADIRKAN KESELAMATAN TUHAN. Tiap2 org menjadi alat / perantara kasih Tuhan. 

2. Kemurahan Allah telah nyata, bukan karena perbuatan baik kita, tetapi karena rahmatNya. Klo begitu, org yg merintangi / mengganggu kelancaran kasih Allah adalah "org durhaka" atau "org sombong" karena merasa lebih berkuasa drpd Allah. Bahkan mrk merasa berhak utk memaksa Allah utk mengikuti kemauan mrk. 

3. Berita sukacita pertama-tama diwartakan kpd plara gembala. Mengapa demikian ?  Karena mrk adalah org2 yg masih berjaga (=melindungi domba2 dr serangan srigala). Mrk adalah lambang dari  org2 yg sederhana, jujur, polos,  setia pd pekerjaan yg dipercayakan, ulet dan siap melindungi domba2nya. 

Kualitas yg demikian itulah (= bukan harta, tahta, kemewahan /penampilan fisik / kenikmatan duniawi) yg dibutuhkan Tuhan dan masyarakat.... utk mbangun dunia yg damai, adil dan manusiawi. Amin. (Mgr Nico Adi MSC)

Komentar

Postingan Populer