DISIRAM DARAH

RENUNGAN HARIAN

TGL 1DES 2020

 Hari ini kita memasuki bulan baru, yaitu bulan Des, dan sudah memasuki masa adven. Rahmat Allah dicurahkan kpd kita spy makin pantas utk menyambut kelahiran Yesus Penebus. 

 Hari ini kita mperingati Beato Dionisius dan Redemptus, para martir yg gugur di Aceh - Sumatra Utara. Dionisius, berasal dari Perancis. Mula2 dia adalah pelaut, lalu menjadi imam dari ordo Karmel. Redemptus berasal dari Spanyol. Mantan tentara ini menjadi bruder Karmel. Mrk berdua ditugaskan di Aceh. Tgl 29 Nov 1638 mrk dibunuh. 

 Sirakh (Sir 51: 1-8) mewartakan doa ini: " Aku hendak bersyukur kepadaMu, ya Tuhan Raja, dan memujiMu, ya Allah Penyelamatku.  Engkaulah pelindung dan penolongku.  Tubuhku telah Kaulepaskan dari kebinasaan, dari jerat pemfitnah dan dari bibir para pendusta.

 Di depan mrk, Engkaulah penolongku.  Engkau menebus aku dari mrk yg siap untuk menelan aku,  dari tangan mrk yg menuntut nyawaku, dari dunia orang mati, dan dari lidah yang kotor dan perkataan dusta.  Aku telah mendekati kematianku, dan hidupku sudah menghampiri dunia orang mati. Dari segala pihak aku dikelilingi orang dan tidak ada penolong bagiku. Maka teringatlah aku akan belas kasihanMu, ya Tuhan, bahwa  Engkau melepaskan orang yang berharap kepadaMu serta menyelamatkan mereka dari tangan para musuhnya". 

 Yohanes (Yoh 12: 24-26) mencatat sabda Yesus: "Sesungguhnya jikalau biji gandum tidak jatuh ke dalam tanah dan mati, ia tetap satu biji saja; tetapi jika ia mati, ia akan menghasilkan banyak buah. Barangsiapa mencintai nyawanya, akan kehilangan nyawanya, tetapi barangsiapa tidak mencintai nyawanya di dunia ini, ia akan memeliharanya untuk hidup yang kekal. Barangsiapa melayani Aku, ia harus mengikut Aku dan di mana Aku berada, di situpun pelayanKu akan berada. Barangsiapa melayani Aku, ia akan dihormati Bapa". 

 Hikmah yg dpt kita petik:

 1. Tanah air kita telah disiram oleh darah kudus para martir, baik yg  sudah dinyatakan beato (Dionisius dan Redemptus) maupun yg belum ( Rm Sandjaja, Mgr Aerts MSC dkk  Langgur - Kep. Kei ) dan mrk yg telah menjadi pewarta2 iman.  Hendaknya kita berterima kasih kpd mrk dg meneruskan kekudusan itu melalui kata dan perbuatan kita setiap hari. 

 2.  Putra Sirakh mberikan teladan bhw dlm keadaan sulit dan terdesak, ketika difitnah, dan disiksa malah dlm bahaya kematian, dia tetap ingat akan Tuhan - Sang Pelindung dan Penolong.  Org2 yg dekat dg dia, harta benda dan fasilitas yg dimiliki ternyata "tidak bisa mberikan jaminan  utk hidup abadi".  Maka, ikatan kasih dan kesatuan dg Tuhan, hendaknya tetap diusahakan dg setia. 

 3. "Barangsiapa melayani Aku, ia harus mengikut Aku dan di mana Aku berada, di situpun pelayanKu akan berada. Barangsiapa melayani Aku, ia akan dihormati Bapa".  Harapan Yesus kpd kita sudah amat jelas.  Marilah kita usahakan dg sungguh2 utk memenuhi harapan itu, karena kitalah yg butuh diselamatkan dan masuk surga. Amin. (Mgr Nico Adi MSC). 

Komentar

Postingan Populer