TANPA PROTES

 RENUNGAN HARIAN

TGL 28 DES 20

Hari ini adalah Pesta Kanak2 Suci - Martir.  Mrk ada kanak-kanak yg dibunuh Herodes, karena dia takut kerajaannya dirampas oleh Raja  Yg Baru lahir itu. Ternyata Herodes keliru. Yesus bukan raja duniawi. Dia adalah Raja Kehidupan, Pembawa Damai dan Keselamatan bagi semua org.

Yohanes (1Yoh 1: 5 - 2:2 ) dlm suratnya menulis: "Allah adalah terang dan di dalam Dia sama sekali tidak ada kegelapan. Jika kita katakan, bbw kita beroleh persekutuan dg Dia, namun hidup di dalam kegelapan, kita berdusta dan tidak melakukan kebenaran. 

Tetapi jika kita hidup di dalam terang, kita beroleh persekutuan seorang dengan yang lain, dan darah Yesus, AnakNya itu, menyucikan kita dari segala dosa. 

Anak-anakku, semua ini kutuliskan, supaya kamu jangan berbuat dosa, namun jika seorang berbuat dosa, kita mempunyai seorang pengantara pada Bapa, yaitu Yesus Kristus.  Dia adalah pendamaian untuk segala dosa kita dan dosa seluruh dunia.

Matius (Mat 2: 13-18) mewartakan: Setelah para majus itu berangkat, nampaklah malaikat Tuhan kpd Yusuf dalam mimpi dan berkata: "Bangunlah, ambillah Anak itu dan ibuNya.  Larilah ke Mesir dan tinggallah di sana sampai Aku berfirman kepadamu, karena Herodes akan mencari Anak itu untuk membunuh Dia." 

Maka Yusufpun bangun,  diambilnya Anak itu dan ibuNya malam itu juga, lalu menyingkir ke Mesir, dan tinggal di sana hingga Herodes mati. Hal itu terjadi spy genaplah yg difirmankan Tuhan: "Dari Mesir Kupanggil AnakKu." 

Ketika Herodes tahu, bahwa ia telah diperdayakan oleh para majus itu, ia sangat marah. Lalu ia menyuruh membunuh semua anak di Betlehem dan sekitarnya, yaitu anak-anak yang berumur 2th ke bawah. 

Dengan demikian genaplah firman yang disampaikan oleh nabi Yeremia: "Terdengarlah suara di Rama, tangis dan ratap yang amat sedih.  Rahel menangisi anak-anaknya dan ia tidak mau dihibur, sebab mrk tidak ada lagi."

 Hikmah yg dpt kita petik: 

 1.  Pada hari ini, Gereja bukan hanya menghormati kemartiran kanak2 suci itu, tetapi juga mengenangkan nilai2 kesucian hidup dan kemurnian hati yg patut diperjuangkan oleh semua org beriman (katolik). 

 2. Yohanes menegaskan bhw  jika kita hidup di dalam terang sama seperti Dia ada di dalam terang, kita beroleh persekutuan seorang dengan yang lain, dan darah Yesus, AnakNya itu, menyucikan kita dari pada segala dosa. 

Kanak2 yg dibunuh itu (berumur 2th) adalah anak2 yg tidak berdosa (=belum paham dan tidak berpikir ttg berbuat dosa). Maka mrk bisa disebut "hidup dlm Terang"  karena Gereja percaya bhw mrk telah disucikan oleh DARAH KRISTUS.  Maka, kanak2 yg dibunuh karena perdagangan manusia dan diambil organ dalamnya, yg digugurkan, yg meninggal karena penyakit atau alasan lain, kita percayakan kpd Kristus agar disucikan oleh DarahNya, dan diperkenankan masuk ke surga. 

 3. Yoseph menyelamatkan Kanak-kanak Yesus dari rencana pembunuhan yg didalangi Herodes. Dia melakukannya dg diam2, tanpa protes atau menyebarkan cerita tambahan. Marilah kita meneladan st Yoseph yg memilih taat dan hormat kpd Allah drpd mencari pujian dr manusia. Amin. (Mgr Nico Adi MSC). 

Komentar

Postingan Populer