MENGHAPUS AIB

 RENUNGAN HARIAN

TGL 2 DES 2020

Nabi Yesaya (Yes 25: 6-10a) mewartakan: "TUHAN semesta alam akan menyediakan di gunung Sion ini,   suatu perjamuan dengan masakan yang bergemuk dan bersum-sum dengan anggur yang tua benar.  Dan TUHAN akan mengoyakkan kain kabung  dan membuka tudung dari segala suku bangsa.  

Ia akan meniadakan maut untuk seterusnya, menghapus air mata dan aib umatNya,  sebab TUHAN telah mengatakannya. Pada waktu itu orang akan berkata: "Sesungguhnya, inilah Allah kita.  Inilah TUHAN yang kita nanti-nantikan. Marilah kita bersorak-sorak dan bersukacita karena keselamatan yang diadakanNya!"

Matius (Mat 15: 29-37) mewartakan: " Yesus menyusur pantai danau Galilea dan naik ke atas bukit lalu duduk di situ. Kemudian orang banyak datang kepadaNya. Mrk membawa orang lumpuh, orang timpang, orang buta, orang bisu dan banyak lagi yang lain, lalu meletakkan mereka di kaki Yesus dan Ia menyembuhkan mereka semuanya.  Maka takjublah mrk itu, ketika melihat orang bisu berkata-kata, orang timpang sembuh, orang lumpuh berjalan, orang buta melihat, dan mereka memuliakan Allah Israel. 

 Lalu Yesus memanggil murid-2Nya dan berkata: "HatiKu tergerak oleh belas kasihan kepada mrk itu. Sudah 3 hari mrk mengikuti Aku dan mrk tidak punya makanan. Aku tidak mau menyuruh mereka pulang dengan lapar, nanti mereka pingsan di jalan."

Kata murid-muridNya kepadaNya: "Bagaimana di tempat sunyi ini kita mendapat roti untuk mengenyangkan mrk yg begitu besar jumlahnya?" Tanya Yesus kepada mereka: "Berapa roti ada padamu?" "Tujuh," jawab mereka, "dan ada lagi beberapa ikan kecil". 

Lalu Yesus mengambil ketujuh roti dan ikan-ikan itu, mengucap syukur, memecah-2kannya dan memberikannya kepada murid-2Nya, lalu murid-2Nya memberikannya pula kepada orang banyak. Dan mereka semuanya makan sampai kenyang. Kemudian orang mengumpulkan potongan-2 roti yang sisa, tujuh bakul penuh.

Hikmah yg dpt kita petik: 

1.  Tuhan akan mengadakan perjamuan istimewa utk segala bangsa: hidangan berlemak dan bersum-sum, dg anggur yg tua benar.  Allah kita adalah Allah yg murah hati. Dia juga berbelas kasih: mengampuni dan menghapus aib umatNya.  Pada masa adven ini, kita diberi waktu utk mawas diri, mohon pengampunan, serta mbaharui diri. Kita pun digugah utk mberi pengampunan dan menghapus aib / dendam / utang / cap jelek  atas diri sesama kita, shg mrk bisa hidup bahagia dan bsukacita..

2. Yesus menyembuhkan org2 sakit.  Artinya Yesus peduli pada bidang kesehatan dan kebersihan. Hendaknya kita pun peduli pada kesehatan fisik kita, sebab akhir2 ini selain karena covid, banyak yg meninggal karena kanker, darah tinggi, serangan jantung, diabetes, stroek dll. Lingkungan hidup ( kebersihan rumah, dapur, kmr mandi, halaman dll) juga perlu kita perhatikan.  Mperhatikan kesehatan dan kebersihan diri sendiri dan sesama sebetulnya merupakan wujud kasih kita kpd Tuhan dan sesama. 

3. Yesus mberi makan banyak org, setelah mberkati 7 roti dan beberapa ikan kecil.  Dia peduli pada kebutuhan  makan minum, dan tidak ingin mrk kelaparan. Melalui peristiwa itu,  Dia mdorong org2 itu peka dan peduli serta solider pda sesama yg berkekurangan.  Amin. (Mgr Nico Adi MSC).  

Komentar

Postingan Populer