ADVEN

 RENUNGAN HARIAN 

TGL 29 NOV 2020

 Hari ini adalah hari Minggu Pertama Adven. Umat beriman memasuki masa persiapan utk menyambut kedatangan Kristus pd hari raya natal.  Persiapan yg dimaksudkan tentu saja "persiapan batin" (=pembaharuan niat, sikap dan tindakan nyata)  sbg buah pertobatan, bukan pertama-tama persiapan bingkisan natal ( hadiah2, atau kue natal, atau hiasan2 natal). 

 Yesaya (Yes 63: 16-17. 64: 1.3b-8) atas nama umat berdoa: Ya TUHAN, Engkau sendiri Bapa kami; namaMu ialah "Penebus kami" sejak dahulu kala. Ya TUHAN, mengapa Engkau biarkan kami sesat dari jalanMu ? Mengapa Engkau tegarkan hati kami, sehingga tidak takut kepadaMu? Kembalilah karena kami ini hamba-hambaMu,  suku-2 kepunyaanMu!   Hendaknya Engkau mengoyakkan langit dan Engkau turun, sehingga gunung-2 goyang di hadapanMu karena Engkau melakukan kedahsyatan yang begitu besar. Engkau menyongsong mereka yang bertindak benar dan mengikuti jalan yang Kautunjukkan! 

 Sesungguhnya, Engkau murka, sebab kami berdosa; terhadap Engkau kami memberontak sejak dahulu kala.Kami sekalian menjadi layu seperti daun dan kami lenyap oleh kejahatan kami seperti daun dilenyapkan oleh angin. Tetapi sekarang, ya TUHAN, Engkaulah Bapa kami! Kamilah tanah liat dan Engkaulah yang membentuk kami, dan kami ini adalah buatan tanganMu. 

 Paulus dalam suratnya (1Kor 1: 3-9) menyapa umatnya: "Kasih karunia dan damai sejahtera dari Allah, Bapa kita, dan dari Tuhan Yesus Kristus menyertai kamu. Aku senantiasa mengucap syukur atas kasih karunia Allah yang dianugerahkanNya kepada kamu dalam Kristus Yesus. Di dalam Dia kamu telah menjadi kaya dalam segala hal. Kamu juga tidak kekurangan suatu karuniapun sewaktu menantikan kedatangan Tuhan Yesus Kristus. Ia juga akan meneguhkan kamu sampai kepada kesudahannya, sehingga kamu tak bercacat pada hari itu. Allah, yang memanggil kamu kepada persekutuan dengan Yesus Kristus adalah setia. 

 Dalam Injil hari ini,  Yesus memperingatkan org banyak (Mrk 13: 33-37): "Hati-hatilah dan berjaga -  jagalah! sebab kamu tidak tahu kapan waktunya tiba. Sama seperti seorang yang bepergian dan menyerahkan tanggung jawab kepada hamba-2nya, masing-2 dengan tugasnya, dan memerintahkan penunggu pintu supaya berjaga-jaga. Karena itu berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu bilamanakah tuan rumah itu pulang, supaya jangan kamu didapatinya sedang tidur. Apa yang Kukatakan kepada kamu, Kukatakan kepada semua orang: berjaga-jagalah!"

 Hikmah yg dpt kita petik: 

 1. Masa adven adalah masa persiapan utk menyambut kedatangan Tuhan.  Dia adalah Penebus dosa / pembayar lunas hutang dosa kita / sdr. Buah2 rohani ( komitmen, niat, perubahan / pengorbanan nyata)  apakah yg akan kita / sdr hadiahkan kepada Kristus yg datang ke "rumah" ( hati dan hidup) kita / sdr ?  

 2. Yesaya atas nama umat berdoa yg isinya "mengakui"  Tuhan sbg Allah satu2nya, mengakui dosa2 dan pelanggaran, dan mohon pengampunan.  Baiklah para imam, pemimpin umat, koordinator, pewarta dan pelayan umat, secara pribadi dan atas nama umat, mengakui kesalahan dan dosa, memohon pengampunan serta mengakui Allah sbg satu2nya Allah. 

 3.  Kristus telah mperkaya kita dalam segala hal. Hendaknya kita bersyukur atas semua anugerah itu dan menggunakannya utk menyiapkan diri dan menyambut kedatangan Sang Penebus dg gembira dan semarak. Tanpa rasa syukur hidup ini terasa sbg beban berat yg menyesakkan, mengecewakan dan menyebabkan putus asa. 

 Bersama Yesus dan dorongsn Roh Kudus, hidup ini adalah anugerah yg indah dan mbahagiakan. Semoga kita berbahagia dan bersyukur karena diperkenankan ambil bagian dlm karya keselamatan Tuhan. Amin. ( Mgr Nico Adi MSC).

Komentar

Postingan Populer