TIDAK DIPERHITUNGKAN

 RENUNGAN HARIAN 

Tgl 28 Juni 20

 Hari ini adalah Hari Minggu... hari utk mengucap syukur atas kebangkitan Kristus,  anugerah Allah yg besar bagi kita umat beriman. 

 Kitab 2Raj: 4-8.11.14-16a mengisahkan ada 1 keluarga kaya yg saleh, murah hati dan menjadi tempat singgah nabi, namun tidak punya anak. Yg perempuan aktif, ibu keluarga yg baik dan telah usul kpd suaminya utk mbuatkan 1 kamar spy sang nabi bisa beristirahat dg nyaman. Sang nabi bertanya kpd pembantunya: "Apakah yg pantas diberikan kpd perempuan (=keluarga) itu ?  Si pembantu menjawab "berikan anak" kpdnya. Usul itu diterima dan perempuan (keluarga) itu th berikutnya mempunyai anak. 

 Yesus dalam Injil (Mat 10: 37-42) menegaskan: "Siapa yg menyambut kamu, menyambut Aku dan siapa yg menyambut nabi akan mdapat upah nabi". 

 Roma 6: 3-4.8-11 mewartakan bhw "yg bisa merasakan dan mengalami situasi dan peristiwa yg demikian itu, adalah org2 yg telah meninggalkan kedosaannya dan hidup baru dlm Kristus".

 Hikmah yg bisa kita petik: 

 1.       Kaum perempuan dan pembantu pd masa itu, adalah org2 yg tidak diperhitungkan, tidak ada harganya, bahkan bisa dijual. Dlm peristiwa itu, justru merekalah yg melayani dan mengusulkan "hadiah istimewa" bagi org2 yg baik hati. Mrk itu org2 kecil, namun berhati mulia. Pd masa covid ini menjadi jelas bhw harta, kedudukan, pangkat dan gelar akademik, tidak berfungsi, tidak bisa mbela dan mbebaskan dia ruang isolasi ketika kena covid-19. Ketika meninggal karena penyakit yg sama, semua harus ikut protokol. Ternyata manusia itu sama... dan ketika sudah tidak bernyawa, namanya juga sama: jenasah. Maka, sebelum menjadi jenasah...berbuatlah baik. Tiap hari adalah waktu utk berbuat baik agar hidup tenteram dan damai. 

 2.       Dikatakan dlm Mat 10: 40 "siapa yg menyambut org lain sebagaimana org lain menyambut dia, sesungguhnya dia menyambut Yesus sendiri. Drpd menyebar hoax, mfitnah, menaruh dendam, curiga, iri hati dll, lebih baik menghargai, mendukung, mengarahkan org kepada kebaikan, klo bisa mberi sedekah kpd org2 yg mbutuhkan. Pohon2 dan tumbuh2an, tumbuh subur dan menghasilkan buah... makin banyak tahun, makin banyak buahnya / bunganya. Manusia semestinya juga demikian... makin tua, makin menggembirakan dan menyejukkan. Namun sering dijumpai...banyak org makin tua hidupnya makin kacau.  Malu ama pohon donk ... !! 

 3.       Mengalami kasih Tuhan, bukan hanya milik org kristen (=yg mengenal Yesus)... Contohnya: ketika lahir dia sudah ditolong, dirawat, dibersihkan, dan dihangatkan oleh bidan/perawat yg ibunya. Kebanyakan bidan dan perawat adlah org2 non kristen. Ketika dipisahkan dari ibunya, dia diperhatikan, dan dilayani oleh org2 yg tidak seiman.  Hanya org2 yg dekat dg Tuhan dan tahu bersyukurlah...yg mau mengakui kasih Tuhan, dan menjauhkan diri dari dosa. 

 Marilah kita mohon berkat bagi kita dan banyak org lain, agar kita tidak menyombongkan diri terhadap sesama kita yg kurang beruntung atau tingkat sosialnya di bawah kita. Kita dg mereka  sama2 adalah anak2 Allah, gambar Allah dan diciptakan Allah dan akan kembali kepada Allah yg sama. Amin. (Mgr Nico Adi MSC).

 

Komentar

Postingan Populer