SETIA PADA JANJI

 RENUNGAN HARIAN 

Tgl 19 JUNI 202

 

HARI RAYA HATI YESUS YG MAHA KUDUS

 

Ul 7:6-11  Musa mewartakan kpd umat Israel, bhw mrk adalah umat pilihan, sungguh2 dikasihi Allah, karena Allah adalah Allah yg setia pd perjanjian yg diikrarkan kpd para leluhur mrk. Mrk yg tidak setia pd perjanjian, akan tersingkir.  

 

Surat Yohanes menegaskan siapa yg mengasihi lahir dari Allah dan mengenal Dia, serta tinggal di dalam Dia.  Allah mengambil inisiatif utk mengasihi manusia, dg mengutus Yesus - AnakNya.  

 

Yesus (Mat 11: 25-30) mengucap syukur atas semua yg diberikan Bapa kpd Nya. Semua yg diterimaNya itu, merupakan berkat dan karunia bagi org2 yg letih lesu dan berbeban berat. 

 

Hikmah yg dpt kita petik: 

 

1. Allah Israel yg diwartakan Musa, Yesus dan para rasul Yesus, adalah adalah yg setia pada perjanjian.  Kita sbg pengikutNya diingatkan utk setia pada janji..baik kpd para leluhur, org tua  / pasangan hidup / lembaga / komunitas dll. Meski leluhur / ortu / pimpinan  lembaga sudah meninggal, perjanjian itu tetap berlaku.   Jangan gampang janji2 namun tidak mau menepati.  Org yg mudah ingkar janji adalah org yg secara psikis - mental, tidak dewasa...karena tidak berani menghadapi resiko (= lari dari kesulitan). Imannya juga tidak berkembang..karena tidak berani berkorban. 

 

2. Siapa yg mengasihi (=berkorban / mberikan sesuatu yg baik) sesamanya lahir dari Allah (=mencerminkan / meneruskan kasih Allah). Manusia dipakai / menjadi alat penerus kasihNya. Hal ini sesungguhnya membahagiakan, namun "sering dipakai sbg alat kasih Allah" memang repot, capek, sering korban perasaan, tenaga dan dana, bahkan dicela dan difitnah.  Sejarah membuktikan bahwa banyak orang yang mau terlibat dan berkorban, bahkan mati sebagai martir, namun banyak juga org tidak mau terlibat / "tidak mau jadi korban". Bgmn dg anda ? 

 

3. Yesus mengundang umatNya yg berbeban berat datang kepadaNya ?   Mari kita mawas diri: klo lagi susah dan stress berat.... kita minta tolong ke mana / kpd siapa ?   moga-moga tidak lari ke dukun / tukang santet. Org yg menerima curhat "wajib tutup mulut (=tidak crita2 lagi) kpd org lain ...  Membuka curhat org, apalagi utk dijadikan gossip adalah tanda bhw dia adalah ORG YG TIDAK BISA DIPERCAYA. 

 

Marilah kita mohon kekuatan kepada HKY spy hati kita dilembutkan shg peka pada situasi batin org dan kehidupannya, siap meringankan bebannya dg "tutup mulut ttg persoalan hidupnya". 

 

Bila sdr mau minta pertimbangan / masukan / saran dari ORG LAIN,  perlu diperhatikan: 

NAMA DAN IDENTITAS DARI ORG YG CURHAT,  DIUSAHAKAN DG SEKUAT TENAGA UTK DIRAHASIAKAN. 

 

Kita juga mohon, agar mereka yg berbeban berat pada hari ini, mendapatkan penghiburan dan pelepasan dari YESUS SENDIRI. (Mgr Nico Adi MSC).

 

Komentar

Postingan Populer