NABOT

 


RENUNGAN HARIAN 

Tgl 15 JUNI 2020

 

Nabot punya kebun anggur warisan dari leluhurnya. Dia menolak menyerahkan kebun itu kpd Raja Ahab meski ditukar dg kebun yg lebih bagus atau dibeli dg harga yg pantas. 

 

Raja Ahab memang ingin kebun anggur itu karena dekat istana, dan nyambung dg kebun yg sdh ada.  Dia mberikan tawaran dan pilihan yg bagus kpd Nabot.  Sayang sekali bhw dia tidak berdaya utk "mengendalikan keinginannya" sampai2 sedih sekali dan tidak mau makan. Dia juga tak kuasa utk menghentikan niat istrinya utk merampas kebun Nabot itu". 

 

Izabel - sang istri - begitu amat sangat mencintai Ahab shg dia "mati rasa keibuan dan kemanusiaannya" lalu berjuang dg pelbagai cara utk mdapatkan kebun itu. Cara licik dan jahat ditempuhnya.. Dia akhirnya mdapatkan kebun itu dan menyerahkan kpd suaminya ( raja ).

 

Yesus (Mat 5: 38-42) mengajar murid2Nya utk berbelarasa, bahkan berkorban sampai sehabis-habisnya demi keselamatan dan kebahagiaan sesamanya. Kekerasan tidak dibalas dg kekerasan, namun dg kasih. 

 

 Hikmah yg bisa kita petik: 

 

1.     Nabot mberikan teladan kpd kita ttg warisan leluhur. Dia merawat tanah itu dg dijadikan kebun anggur. Hendaknya warisan2 apapun wujudnya dipelihara, dirawat dan ditengok. Klo ttg tanah dan bangunan dipastikan surat2nya lengkap shg kepemilikannya jelas. 

2.     Mengendalikan diri utk berlaku bijaksana atas harta milik org itu amat penting. Meski mampu beli, bukan berarti boleh memaksa org lain utk menyerahkan milik / aset satu2nya. Kehidupan dan masa depan org itu dan anak cucu mrk perlu juga dipeerimbangkan. 

3.     Dalam keadaan sedih, putus asa org bisa dg gampang jatuh pada iming2 atau tawaran yg amat menarik... 

4.     Kaum perempuan hendaknya MENGGUNAKAN TALENTANYA UTK MENGARAHKAN ORG KPD KEHIDUPAN YG CERAH DAN PANJANG, bukan spt Izabel yg mberikan kebahagiaan palsu.

 

Marilah kita mohon kepada Allah supaya kaum perempuan diberikan sukacita yg besar dan tetap bersemangat utk menjadi IBU KEHIDUPAN bagi semua makhluk. Jangan biarkan mrk terlena dan tergoda karena ingin sekali menolong namun bertindak dg cara yg licik dan jahat. 

 

Marilah kita mohon kepada HKY spy kepada semua org diberikan semangat dan tekad utk mengampuni dan keberanian utk menjauhkan diri dari tindak kekerasan. Amin. (Mgr Nico Adi MSC).

 

Komentar

Postingan Populer