GERAKAN MENUJU TERANG


PEMBACA YANG BUDIMAN

Beberapa hari terakhir ini, saya tergerak hati untuk menulis renungan harian (rh). Daripada saya simpan sendiri, rh itu saya bagikan kepada anda. Semoga anda mendapatkan inspirasi atau menemukan mutiara iman di sana. Selamat menikmati.

Lukas - penulis Kisah Para Rasul mencatat  bahwa Petrus pada hari Pentakosta menegaskan bahwa Kristus yang bangkit itu adalah Tuhan yang mengantar orang kepada kehidupan, bukan ketakutan dan kecemasan.  Ia menerangkan bahwa Raja Daud - leluhur Kristus - mengalami kemurahan Tuhan dg mengatakan "Engkau menunjukkan kepadaku jalan kehidupan. Engkau melimpahi aku dg sukacita di hadapanMu. Dengan kata-kata itu, Petrus memberikan kesaksian bahwa kehidupan yg penuh sukacita itu juga dianugerahkan kepada  manusia jaman ini. 

Kepada kedua murid yg dalam perjalanan pulang ke Emaus karena kecewa, bingung dan kehilangan harapan, Yesus berjalan bersama mereka, sambil mendengarkan keluh kesah, kejengkelan dan harapan mereka. Maka, Dia menerangkan apa maksud kematian dan kebangkitan Yesus sebagaimana tertulis dlm kitab Musa dan kitab para nabi, dan memberikan pencerahan kepada mereka. Itulah sebabnya hati mereka berkobar-kobar karena Yesus menunjukkan jalan dan kehidupan. 

Paska mempunyai unsur gerakan menuju Terang dan Kehidupan. Di sana ada daya untuk mencerahkan dan ajakan utk bersukacita, dorongan untuk meninggalkan kecemasan dan ketakutan dan keraguan karena Yesus yang bangkit itu dialami sebagai Sumber Kehidupan yang Utama. 

Maka, siapa pun yang membawa pencerahan,  harapan dan sukacita, gerakan kehidupan, serta telah menunjukkan jalan kepada Terang,  adalah orang-orang yang mewujudkan Paska Tuhan. 

Mereka yang berjuang dan merawat penderita covid-19, dan terlibat dalam pemberantasan wabah ini, betul-betul menunjukkan kehadiran dan wajah Tuhan yang berbelas kasih. 

Para relawan, pemerintah, petugas-petugas lapangan, petugas cleaning service  dan mereka yang dengan tulus membagi masker, sembako, menghadirkan Allah yang peduli kepada kehidupan umat-Nya. 

Tuhan yang bangkit menemani dan berjalan bersama mereka, dan menjadikan mereka tanda kehadiran-Nya di tengah masyarakat kita.


Komentar

Postingan Populer