TELAH BANYAK DIKASIHI

 

RENUNGAN HARIAN

Tgl 22 Juli 2020

 Pesta st. Maria Magdalena 

 Dia adalah 1 dari sekian perempuan yg disembuhkan dari gangguan roh2 jahat (=setan-setan), kemudian menjadi pengikut Kristus, hadir pd saat Yesus disalibkan, waktu pemakamanNya, dan saksi kebangkitanNya. Tradisi tua kekristenan, menyamakan Maria dari Magdala ini dg Maria sdri Marta dan Lazarus, dan Maria yg lain lagi yg bertobat.  

 Dlm kitab Kidung Agung (Kid 3: 1- 4a) dikisahkan "seseorang yg begitu rindu utk bertemu Allah" atau "ALLAH yg amat rindu kepada umatNya" sehingga disebut "jantung hatiku". 

 Injil Yoh 20: 1-2.11-18 melukiskan betapa besar rasa kehilangan yg dialami Maria Magdalena, Sang Guru Kehidupan, yg telah menunjukkan kasih dan jalan hidup baru kpdnya.  Kekuatan dan Sumber sukacitanya itu hancur ketika tahu bhw jenasah sang guru telah dicuri org. Syukurlah, Sang Guru hadir dan "membangun kembali puing2 harapannya" dan meneguhkan dia utk "jangan memegang Aku". 

 Apa hikmah yg dpt kita petik:

 1. Di satu sisi, perempuan begitu menawannya dan banyak potensinya shg setan2pun (= ada 7 setan) tergiur utk "menguasainya". Setan-setan pd jaman moderen ini bukan hanya roh2 jahat, tetapi mrk jg bisa menyusup dlm bentuk hp, narkoba, kesenangan2 duniawi, mobil mewah, dunia malam, dan kenikmatan badani lainnya. 

Hendaknya kaum perempuan waspada akan hal ini. 

  Di sisi lain, setelah mengalami kasih Tuhan baik secara langsung maupun melalui sesamanya (=sahabatnya, suaminya, komunitasnya, pembimbing / pembinanya) "kemenawanan dan kekuatannya" itu merupakan "jalan besar (mungkin malah jalan toll) utk menghantar org kpd Jalan, Kebenaran dan Kehidupan.  

 Dg mperhatikan dan menyiapkan kaum perempuan dg kasih yg tulus "surga akan dialami di mana-mana".  Itulah sebabnya, ada pepatah: "surga ada di bawah kaki ibu". 

 2. Maria Magdalena telah menemukan jantung hatinya: Yesus, Anak Allah yg telah mengasihinya, "menyapanya, dan mengarahkan dia akan "arti kebangkitan (=tidak melekat / tidak dikuasai oleh aneka perasaan manusiawi) serta mengutus dia sbg saksi kebangkitan.  Dan utk Dia,  Maria siap sbg perempuan pertama yg berbicara kpd para rasul bhw Yesus sungguh2 telah bangkit". 

 Bagi kita, Maria Magdalena  adalah "simbol istimewa" yg ditampilkan penulis injil:  "bhw org yg telah banyak dikasihi akan banyak juga mbalas kasih itu".   Sebaliknya, org2 yg mengalami penindasan / kepahitan dan "kekerasan" baik di keluarga, di sekolah, di lingkungan, dan tempat-tempat lain, bisa menjadi "monster" (=pembunuh berdarah dingin).  Mereka mau balas dendam.

 Maka: STOP kekerasan, bullying, penghinaan, hoax, dan aneka bentuk pelecehan lainnya. Amin. (Mgr Nico Adi MSC).

Komentar

Postingan Populer