MELALUI BUNDA MARIA

 RENUNGAN HARIAN 

Tgl 21 Juli 2020

 Dalam Mik 7: 14-15.10-20  sang nabi atas nama umat Allah memohonkan kemurahan Allah: utk menggembalakan mrk, mengampuni dosa2 karena Dia tidak akan murka terus-menerus, dan menunjukkan kasih setia spt yg telah dilakukanNya kpd nenek moyang mrk. 

 Dalam Mat 12: 46-50, Yesus mengajar murid2Nya,  bhw di dalam Dia persaudaraan terjadi bukan karena hubungan darah, tetapi karena melakukan Sabda Tuhan. 

 Hikmah yg dpat kita petik: 

 1.  Menjadi saudara atau terjadinya persaudaraan

 (=persahabatan, tali kasih, ikatan kekerabatan) bukan melulu karena hubungan darah, tetapi karena iman dan kasih kepada Kristus, dan melakukan sabda / perintahNya. Dg demikian, meski berbeda suku, bahasa, bangsa dan budaya, asalkan "melakukan perintahNya: kasih kpd Tuhan dan sesama, mrk adalah saudara dan saudari kita". Persaudaraan kita menjadi lebih luas...dan mendunia.

 Maka, melakukan tindak kekerasan kpd org lain apa pun latar belakangnya dan siapa pun orgnya dan dari mana pun asalnya, sungguh-sungguh mencederai "persaudaraan" itu. 

 2. Bunda Maria yg telah menerima sabda dan melakukannya dg penuh kasih, bukan hanya menjadi saudari tetapi menjadi ibu kita. Beliau telah mbuktikannya, bhw beliau berkenan menerima doa2 kita dan meneruskannya kpd Yesus- anaknya. Banyak permohonan kita melalui beliau, dikabulkan Tuhan. 

 3. Sbg orangtua, pewarta, pembina iman, rohaniwan, biarawan-wati, imam yg dlm arti tertentu bisa disebut "nabi (=guru iman)"  kita bisa dan boleh memohonkan berkat / pengampunan / kesembuhan dari Tuhan bagi anak2 / sesama / mrk yg minta didoakan.  Berbanggalah dan bersukacitalah kita, bahwa kita mendapat kepercayaan untuk menjadi “nabi” pembawa kerahiman Allah kepada sesama manusia.

 Marlah kita mohon rahmat Allah agar kita bersama Maria bersedia menjadi "nabi yg setia dan simpatik” dan sebagai sahabat bagi mereka yang sedang bingung, menderita, sakit, kesepian, kecewa berat, galau, dan patah arang meski banyak kesulitan yg kita hadapi dan tiap hari menjadi saluran berkat bagi org lain. Amin. (Mgr Nico Adi MSC). 

Komentar

Postingan Populer