MENGUTUS RELAWAN

 RENUNGAN HARIAN                          Tgl 9 Juli 2020

 Hosea ( Hos 11: 1b.3-4.8c-9) menceritakan Allah Yahwe yg menunjukkan kasih dan kesetiaanNya kpd umatNya. "Aku telah menarik mrk dg tali kesetiaan, dg ikatan kasih. HatiKu berbalik dr segala murka". 

 Yesus mengutus murid2Nya utk mewartakan "Kerajaan Allah sdh dekat" (Mat 10: 7-15). Tanda bhw kerajaan Allah sdh ada adalah sembuh dr penyakit dan dr cengkeraman roh jahat, diterima sbg saudara, tersedia tumpangan, makanan dan minuman. 

 Hikmah yg dpt kita petik: 

1.     Ketika org jatuh dlm dosa, Allah bukan hanya prihatin..tetapi berbuat sesuatu: "Aku menarik mrk dg tali kesetiaan, dg ikatan kasih". Pd saat ini, ketika banyak sdr di sekitar kita yg mderita, banyak2 bicara, tidak mengubah apa2. Yg dibutuhkan adalah tindakan nyata.  Hendaknya kita ambil bagian secara aktif dan berani segera ambil tindakan utk menolong org2 yg demikian. 

 2.     Bantuan yg bisa dilihat dan dirasakan, sering amat mbantu banyak org kecil, org dlm kesulitan utk mengalami kehadiran dan kebaikan Tuhan. Org yg tulus dan rendah hati, akan lebih mudah mengalami kehadiran Tuhan dlm hidup mrk lewat kegiatan / tindakan yg biasa2 (mberi sembako, pakaian, obat2an, dll). 

 3.     Perutusan Yesus, bukan hanya ditujukan kpd org2 sehat dan yg sedang bergembira. Mrk yg sdg sakit dan "dicengkeram kuasa kegelapan (=dukun2, santet, jimat2) juga oleh narkoba, alkohol dan napsu berjudi, berfoya-foya dll" juga perlu mdapat perhatian. Kita percaya bahwa Tuhan dg cara yang amat bijaksana, akan mengutus relawan, tenaga-tenaga terampil dan bijaksana, untuk menolong mereka bebas dari situasi itu.

 Marilah kita doakan mrk yg bekerja di tempat2 rehabilitasi, di rumah kaum lansia, panti2 korban kekerasan, dan tempat pelayanan bagi org2 berkebutuhan khusus, dikuatkan dan diberi kesabaran dan kesetiaan. Semoga mrk yg dilayani dan dirawat di sana, dpt pulih dan hidup dlm damai. Amin. (Mgr Nico Adi MSC).

Komentar

Postingan Populer