MINTA

 RENUNGAN HARIAN    Tgl 6 Juli 2020

 Nabi Hosea (2:13.14b.18-19) menggambarkan betapa manisnya relasi antara Allah Yahwe dan Israel. Begitu dekatnya relasi itu shg Israel disebut Istri-Nya dan Israel menyebut Allah, Suami-Nya. 

 Dalam Mat 9: 18-26, Yesus membangkitkan anak perempuan kepala rumah ibadat atas permintaan ayahnya. Dia juga menyembuhkan perempuan yg sdh 12 th sakit pendarahan, meski org itu diam2 menyentuh jubah Yesus. 

 Hikmah yg bisa kita petik: 

 1.     Kasih Allah sungguh luar biasa kpd umat / bangsa / org berdosa yg bertobat. Dosa2nya tidak diperhitungkan lagi, bahkan mrk disebut "istri-Ku". Tuhan menerima mrk seutuhnya. Hendaknya kita pun bersikap demikian. Org2 yg bertobat (kembali ke pangkuan gereja katolik), yg bersalah dan bermasalah, selayaknya dibantu utk mengalami lagi kasih Allah.  

 Org yg mengolok-olok, menghina, mbuat hoax dan memfitnah sering merasa dirinya berhak utk menghakimi org lain. Padahal olok2an, kata2 hinaan, fitnah dll adalah cermin bhw di dalam batinnya ada borok yg bernanah. Org2 spt itu sebetulnya adalah org2 jahat yg pura2 saleh dan sdg mencari pujian. 

 2.     “Minta” adalah syarat / jalan utk mdapatkan penyembuhan. Permintaan itu bisa disampaikan oleh orang lain ( atasan, orangtua, sahabat, rekan kerja dll ), bisa juga dengan diam2 karena Tuhan mahatahu dan mahabijaksana, dan bisa juga disampaikan dengan gerakan / isyarat (bahasa tubuh). Tuhan melihat isi hati manusia.

 3.     Permintaannya jelas, utk siapa dan dg cara yg jelas pula yg paling penting. Yesus tidak bisa disogok dg derma yg banyak, dg pasang lilin yg besar dan mahal2, dg pergi ziarah ke Lourdes spy dpt kesembuhan. Perbuatan baik yg terus2 dilakukan dg tulus, hati yg murni dan bagi banyak org itulah jalannya. 

 Marilah kita mohon sikap taat dan hati yg tulus, hormat dan pasrah agar kita menjadi alat kasih Tuhan sesuai dg rencanaNya. (Mgr Nico Adi MSC)..

 

Komentar

Postingan Populer