ANUGERAH

 RENUNGAN HARIAN       Tgl 10 Juli 2020

 Nabi Hosea ( Hos 14: 2-10 ) menyerukan kepada umat Allah, ajakan pertobatan. Seruan itu dijawab dg suatu tekad utk kembali kpd Allah dan meninggalkan baal. Atas pertobatan itu, Allah menyatakan penerimaanNya dan belaskasihNya. Umat Allah hidup dalam damai sejahtera.

 Yesus mengutus murid2Nya bagaikan domba2 ke tengah2 srigala... dg pesan :"hendaknya kamu cerdik spt ular dan tulus spt merpati".   Dalam perutusan itu mereka akan menghadapi kesulitan, tantangan, penjara dan siksaan. Namun Allah tetap menyertai mrk dan mberikan kekuatanNya. 

 Hikmah yg bisa kita petik: 

 1.     Melalui nabi2 dan para utusanNya, diwartakan bhw Allah adalah ALLAH YG MAHAPENGAMPUN. Maka hendaknya umat Allah pun rela mengampuni sdr/sdrinya yg bersalah atau berdosa. Memang sering kita dikecewakan oleh org2 yg telah bertobat namun berbuat kesalahan yg sama. Benar mungkin kesalahannya sama, namun alasannya bisa berbeda.   Mengampuni sebetulnya  merupakan tanda bhw org itu kualitas pribadi dan batinnya bagus. Melalui dirinya, dinyatakan / diwujudkan "Allah yg mengampuni org yg berdosa". 

 2.     Yesus mengutus muridNya bagai domba ke tengah2 srigala. Mengapa Allah begitu berani melepaskan anak2Nya di tempat yg amat berbahaya ?  Itu artinya Allah amat sangat siap utk mberikan perlindungan dan keamanan. Kalau pun org itu harus mati, kematiannya merupakan tanda kemartirannya. Badannya bisa dibunuh namun rohnya akan hidup utk selamanya. 

 3.     Allah menganugerahkan akal budi, shg manusia bisa cerdik (=mempertimbangkan, menganalisa dan  menyimpulkan dg jelas dan runtut) atas perkara yg dihadapinya. Di sisi lain, Allah mberikan hati nurani agar bisa mpertimbangkan dg bijaksana, tulus dan adil. 

 Marilah kita mengucap syukur atas anugerah Allah yg begitu agung dan mulai kpd manusia. Anugerah  itu adalah akal budi dan hati nurani. Semoga kita menggunakan anugerah itu utk mdapatkan kebahagiaan di dunia dan di surga bersama dg sesama. Amin. (Mgr Nico Adi MSC).   

Komentar

Postingan Populer