RENCANA BESAR

 RENUNGAN HARIAN

Tgl 15 Juli 2020 

 Peringatan st Bonaventura, imam dan pujangga gereja.

 Ketika masih kecil, Jean Firanza sering sakit-sakitan. Sewaktu bertemu dia,  Fransiskus Asisi berseru: "Bonaventura"  ( oh betapa baiknya peristiwa ini ). Maka, ketika masuk biara, dia memakai nama : Bonaventura. Di biara, dia tidak lagi sakit2an. Org kudus ini menulis banyak buku rohani.  Ia org yg cakap dan saleh, dan menjadi uskup di Albano. 

 Dalam Ef 3: 14-19, Paulus mendoakan umatnya, agar 1. Allah menguatkan karunia2 yg telah diberikan, 2. berakar dlm cinta kasih, 3. mengenal kasih Allah yg begitu luar biasa,  4. mengenal cinta kasih Kristus. 

 Yesus mengingatkan murid2 dan pengikutNya bhw mereka adalah saudara, dan tidak perlu mengangkat diri sbg Rabi, pemimpin, dan bapa. 

 Hikmah yg dpt kita petik: 

 1. Kesakitan yg dialami Bonaventura bukan merupakan hukuman / kutukan tetapi peristiwa itu menjadi "jalan keselamatan". Tuhan mempunyai rencana besar baginya. Melalui kesembuhannya, Allah semakin dikenal dan dicintai. Kasih Allah memang sungguh luar biasa...

 2. Yesus mengingatkan murid2Nya utk tidak terpaku pada jabatan, kepemimpinan dan sebutan Rabi, karena semuanya itu bisa mengantar org pada kesombongan, kekerasan hati, dan persaingan dan penyalahgunaan wewenang. Hal-hal itu tidak menjadi syarat utk masuk surga. Sikap rendah hati, menjadi saudara bagi yg lain dan siap melayani, itulah jalan menuju ke kebahagiaan surga. 

 Marilah kita mohon kekuatan dan rahmat penguasaan diri spy  bila diberi kewenangan dan jabatan untuk memimpin, kita dpt bertahan dlm menghadapi macam2 godaan. 

 Apabila mengalami sakit, kita tetap percaya bhw Tuhan tetap mencintai kita. Sakit bukan hukuman dr Tuhan. (Mgr Nico Adi MSC).

Komentar

Postingan Populer