ADA DI TANGAN ORANGTUA

 RENUNGAN HARIAN

Tgl 23 Juli 2020

 Dalam Yer 2: 1-3.7.12-13, sang nabi diutus utk menyampaikan sabda Tuhan: "Aku ingat akan cintamu, ketika engkau masih muda". Ketika itu, Israel kudus bagi Tuhan. Skg ketika sudah memasuki tanah terjanji mrk lupa kpdNya. Para imam, para ahli hukum, para nabi dan para gembala berbuat menurutm kemauan mrk sendiri yg menyimpang dr perjanjian kasih. Mrk menyembah baal.

 Dalam  Mat 13: 10 - 17, Yesus menjelaskan alasan mengapa Dia menggunakan perumpamaan ketika mengajar banyak org: 1. supaya mudah dimengerti dan diingat oleh masyarakat sebab contoh2nya diambil dari kehidupan mrk, 2. Yg belum mengerti, boleh bertanya shg lebih paham maksudnya, 3. mrk yg tidak mau mengerti, tetap tidak mengerti karena mrk punya minat dan perhatian ke hal2 yg lain. 

 Apa hikmah yg dpt kita petik: 

 1. Yeremia mengingatkan umat Allah akan perilaku mrk ketika sudah makmur. "Kemakmuran, kesuksesan, panen, kenaikan kelas, keberhasilan usaha, menang lomba" tentu saja membawa sukacita. Namun hal itu sering mbuat org menjadi sombong, terlalu percaya diri atau bahkan "melekat" pd posisi / jabatan / gengsi tertentu shg sulit disentuh atau tidak mau mendengarkan pihak lain. 

 Hendaknya kekuasaan / jabatan / uang yg ada pada dia, tidak "mbatasi dia" utk berelasi dg sesama dan tetap mengucap syukur kpd Tuhan.  Semuanya itu adalah sarana / alat bantu untuk menjadi manusia yang baik dan bijaksana, bukan tujuan hidup. 

 2. Yesus mau menjelaskan maksud perumpamaan yg belum dimengerti murid2Nya. Betapa bahagianya mrk (sahabat2, kenalan, tetangga, terlebih kaum muda dan anak2) yg mendapatkan penjelasan ttg hidup, budi pekerti, kesehatan, iman-harap dan kasih, sexualitas dan apa yg tidak dimengerti dari kedua orangtua mereka.  Menyerahkan semuanya itu kpd guru di sekolah, atau malah kpd pembantu rumah tangga, adalah suatu kekeliruan besar. 

 Hal2 teknis bisa diserahkan kpd org lain, namun hal2 yg menyangkut iman, mental, moral dan rohani, tetap ada di tangan orgtua.  

 Marilah kita berdoa bagi orgtua agar mrk diberikan kekuatan dan kesetiaan yg besar dlm mbina dan membimbing anak2 mrk.  Semoga mrk bisa menjadi teladan dan saksi hidup akan Tuhan yg mencintai mrk. Amin. (Mgr Nico Adi MSC).  

Komentar

Postingan Populer