ORNAGTUA ADALAH NABI

 RENUNGAN HARIAN

Tgl 17 Juli 2020

 Yesaya (Yes 38: 1-6.21-22.7-8) menjawab kesedihan dan ketidakberdayaan Raja Ahas, dlm menghadapi para musuh yg telah mengepung kota tempat tinggalnya. Karena begitu sedihnya, Ahas jatuh sakit dan hampir mati. Dg perantaraan nabi itu, Allah Yahwe menyampaikan tanggapanNya bhw musuh2 itu telah dipukul mundur. Ahas lega dan bersemangat lagi. 

 Dalam Mat 12: 1-8, diwartakan bahwa Yesus bersama murid2Nya melewati ladang gandum. Karena lapar mrk memetik gandum itu dan memakannya meski hari adalah hari sabat.  Org2 Farisi menegur mrk, karena melanggar adat nenek moyang.  Kepada mereka dan murid-2Nya, Yesus mberikan pemahanan baru  atas hal itu. 

 Hikmah yg dpt kita petik: 

 1.     Yahwe amat dekat dg umatNya. Apa yg mrk minta asal sesuai dg rencanaNya, Dia kabulkan. Namun, sering manusia "gagal paham atau tidak tahu jalan karena beban persoalan yg menimpa mrk".  Nabi2 punya peran besar utk menjadi perantara antara Allah dan manusia, "menterjemahkan kehendak / petunjuk Allah kpd manusia".   Orangtua adalah nabi (=guru, pembina, pelindung, pengarah) bagi anak2 mrk. Mrk wajib mterjemahkan hal2 yg sulit / belum dimengerti anak2 mrk, dg bahasa sederhana (bhs dearah) dan bahasa kasih sayang.  Tugas org tua sbg nabi tidak bisa digantikan oleh siapa pun dan alat canggih apa pun. 

 2.     Yesus mengajarkan nilai baru terhadap tradisi (adat) pd waktu itu. Hukum adat diberlakukan secara ketat, kapan pun dan di mana pun, sehingga “menjadi beban yang berat” bagi masyarakat. Yesus menegaskan  bhw manusia dan kehidupannya harus lebih dihargai. Hukum2 yg ada sdh seharusnya luwes ketika berhadapan dg org2 yg sdg butuh bantuan utk menyambung hidup. Maka, dlm keadaan lapar, "memetik dan memakan gandum meski pd hari sabat, bisa dimaklumi".  Dalam keadaan darurat, kehidupan manusia yg sdg terancam dan "butuh bantuan,  wajib utk diutamakan. 

 Semoga kita menyadari dan meyakini bhw apa yg kita buat bagi sesama yg mderita, kita buat utk Yesus. Amin. ( Mgr Nico Adi MSC). 

Komentar

Postingan Populer