DOA SEBELUM PERJALANAN

PEMBACA YANG BUDIMAN

SYALOOM

TANGGAL 20 JUNI 2014, kami memulai ziarah kami dengan doa bersama di Bandara Sukarno Hatta Jakarta, sebelum kami memasuki pintu masuk untuk lapor diri tentang kepastian keberangkatan ( cek in ). Di dekat pintu masuk itu, ada suatu tempat yang diberi kode sebagai petunjuk:  TEMPAT KEBERANGKATAN 2D  PINTU SATU. Di sanalah kami telah bersekapakat untuk berkumpul.

Menjelang jam 22.00 para peserta sudah mulai berdatangan. Karena pada hari sebelumnya kami sudah mengadakan pertemuan di wisma KWI di jalan Kemiri, kami menjadi lebih mudah mengenali rekan-rekan yang akan menjadi sahabat seperjalanan dalam ziarah kali ini. Ketika berkumpul di wisma KWI ada beberapa rekan yang berhalangan. Mereka adalah bu Bambang, bu Tri, dan bu Iin. Kali ini lengkaplah, bahkan mereka yang menjadi "pengurus perjalanan ini" ( pihak Bayu Buana Tur ) juga hadir.

Mereka membantu kami untuk mengecek koper-koper para perserta. Kemudian koper-koper itu diberi label, agar nantinya ketika dimasukkan ke bagian bagasi pesawat, para pemiliknya dengan mudah mengenali koper-koper itu ketika sudah tiba di tempat tujuan. Mereka pula yang membantu kami untuk cek in barang-barang. Kepada kami dibagikan "bording pass" sehingga kami tidak perlu antre untuk cek in.



Sebelum masuk ke pintu keberangkatan, kami semua berdoa. Doa yang telah disusun sebelumnya, sudah dicetak di buku panduan. Karena buku-buku itu sudah ada di koper, DOA MOHON BERKAT TUHAN UNTUK PERJALANAN DIBAWAKAN OLEH MGR Niko, dan diambil dari buku itu.  Inilah doa yang kami panjatkan pada malam itu:


DOA MOHON BERKAT
DALAM PERJALANAN

Allah Bapa yang agung dan mulia. Engkaulah pencipta dan penyelenggara kehidupan, dan pemilik segala yang ada. Engkau menciptakan manusia, dan menempatkannya di dunia, agar kemuliaan-Mu menjadi sungguh nyata di antara semua makhluk ciptaan-Mu. Engkau melengkapi mereka dengan keindahan, kemuliaan dan semarak seperti yang ada padaMu sejak awal mula.

Bersama para pemazmur kami memuji Dikau: Tuhan Allah, kami, betapa mulianya nama-Mu di seluruh bumi. Keagungan-Mu luhur mengatasi langit. Siapakah manusia sehingga Engkau perhatikan ? Siapakah dia, sehingga Engkau pelihara ?

Perhatian dan kasih sayang-Mu, Engkau tunjukkan dengan memberikan kepada kami rupa-rupa tanda, dan karunia sehingga melalui tanda-tanda itu kami dapat lebih mengenal dan mengalami kehadiran-Mu. Di mana ada manusia, di sana kami melihat dan menemukan kemuliaan-Mu.

Pada hari ini, kami bersama-sama hendak mengadakan perjalanan – ziarah ke Eropa, untuk mengalami kebaikan dan kesih setia-Mu yang Engkau hadirkan bagi umat manusia. Bimbinglah dan berkatilah perjalanan kami, sebagaimana Engkau telah memberikan perlindungan dan penyertaan-Mu kepada para rasul, para pewarta Injil-Mu dan kepada utusan-Mu sampai ke ujung bumi.

Semoga kami tiba dengan selamat di tempat tujuan, dan dapat mengadakan ziarah dengan aman dan damai. Berkati pula, para pendamping kami, dan penyelenggara perjalanan, mereka yang telah menyiapkan kedatangan kami, agar mereka pun mengalami kebaikan-Mu. Berkati anggota keluarga, para sahabat dan saudara-saudari kami yang mendukung perjalanan ziarah kami ini. Semoga Engkau telah menyertai kami, sampai kami tiba kembali di tanah air kami.

Semoga selama perjalanan ini, kami mengalami kegembiraan, dan hati kami dipenuhi dengan rasa syukur atas apa saja yang kami lihat, kami dengar dan kami rasakan. Semoga selama perjalanan ini, kami menjadi sahabat yang baik, yang rela berkorban, dan mau memahami situasi dan pergumulan rekan-rekan seperjalanan kami, sehingga “kehadiran kami dialami sebagai kehadiran-Mu sendiri”, kata-kata kami dialami sebagai sapaan-Mu, dan penghiburan yang kami alami adalah penghiburan yang Engkau berikan kepada kami”. Doa, hormat, syukur dan permohonan kami ini, kami haturkan kepada-Mu, dengan perantaran Kristus Tuhan dan Pelindung kami. Amin. 

Kami tiba di Dubai dengan selamat, setelah menempuh perjalanan sekitar 8 jam. Pesawat mendarat dengan mulus pada jam 05.20 waktu Dubai. Setelah keluar dari perut pesawat, kami naik bis menuju ke terminal - untuk transit. Kami memulai proses panjang: cek in dengan memasukkan semua barang bawaan ke mesin X Ray, termasuk ikat pinggang, arloji, jaket dll harus dicek. Syukurlah semuanya berjalan lancar..... Kemudian melanjutkan perjalanan dengan pesawat Emirates yang berbeda. Kami terbang dari Dubai menuju ke Lisbon selama kira-kira 7,5 jam. Kami mendarat dengan selamat di Lisbon, meski roda pesawat ketika menyentuh landasan tidak semulus seperti ketika mendarat di Dubai. 



Setelah keluar dari perut pesawat, kami berdoa untuk mengucap syukur atas anugerah perjalanan yang begitu lancar bagi kami semua.  Memang kami telah menerima anugerah-Nya sepanjang malam, hingga hari berikutnya, melalui mereka yang telah melayani kami. 





Komentar

Postingan Populer