HARI-HARI PEMBEKALAN



HARI-HARI PEMBEKALAN selalu dilaksanakan di Keuskupan Agung Merauke (KAME) bagi para pastor, para suster, para bruder dan tenaga pastoral yang belum pernah berkarya di Merauke. Pembekalan kali ini diberikan kepada Fr. Stefanus, Sr. Tarsisia TMM, Sr. Ina, Sr. Godefrida, Sr. Mince, dan Diakon Dominggus Geme.

Pembekalan itu meliputi informasi tentang luas wilayah Keuskupan Agung Merauke, pusat-pusat pastoral, jumlah penduduk, aneka suku di wilayah selatan, jumlah tenaga, aneka pelayanan, tantangan dan perubahan yang terjadi dalam 5 tahun terakhir ini, serta latihan membuat laporan keuangan.

Mereka juga dilatih untuk menggunakan radio komunikasi (SSB), karena di wilayah masih banyak wilayah (paroki) yang tidak ada signal saluran telpon. Satu per satu mereka diminta untuk memperhatikan alat-alat yang dipergunakan untuk operasional SSB (accu, kabel penghubung, charger, kabel antene) dan bagaimana memasangnya. Kemudian mereka sendiri praktek bagaimana memasang / menghubungkan alat-alat itu sampai bisa berfungsi.

Selain itu, mereka juga dilatih untuk mengetahui arah angin dengan melemparkan daun kering ke udara. Ke mana daun itu jatuh, itulah arah angin yang ada pada waktu itu. Kemudian mereka memperhatikan jarak pandang, tingginya awan dan kekuatan angin. Semua itu diperlukan untuk membantu pilot yang meminta keadaan cuaca, kecepatan angin, arah angin dll ketika mereka terbang akan mendarat di salah satu bandara di pedalaman. Amat sering para pilot itu menghubungi radio paroki untuk meminta informasi tentang keadaan cuaca. Demi keselamatan penerbangan itulah, para petugas pastoral di Merauke perlu mendapatkan pelatihan akan hal itu.

Semoga mereka melihat dan mengalami bahwa pelatihan / pembekalan itu merupakan tanda kasih dari Gereja dan Kristus sendiri yang menyiapkan mereka agar makin mantap dan siap untuk melayani umat Allah yang dipercayakan kepada mereka.

Komentar

Postingan Populer