DARI PROYEK KE PROGRAM



Ibu Dr. Maria Ratnaningsih, diundang oleh Pemerintah Daerah Kab. Merauke untuk mendampingi dan mengarahkan para peserta rapat untuk menghasilkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Kabupaten Merauke. Ada pun visi Bupati Merauke adalah Merauke Gerbang Andalan Manusia yang Cerdas dan Sehat, Gerbang Pangan Nasional, Gerbang Kesejahteraan, dan Gerbang Kedamaian Hati Nusantara". Rapat Maraton yang dimulai sejak tanggal 19 - 21 Agustus 2011 itu dipresentasikan kepada para petinggi Kabupaten Merauke, DPRD, tokoh agama dan tokoh masyarakat, dan para akademici untuk dikritisi dan disempurnakan.

Selama ini, para SKPD ( Satuan Kerja Pemerintah Daerah )memang tinggal melaksanakan proyek-proyek yang ditugaskan kepada mereka. Namun sesungguhnya merekalah pembantu Bupati untuk memikirkan program-program penting Kabupaten yang akan dilaksanakan selama 5 tahun. Mereka adalah ujung tombak keberhasilan pemnbangunan daerah. Karena itu Ibu Maria mengarahkan agar beralih / berubah: dari pola pikir proyek ke pola pikir program. Mereka harus menyusun program lebih dahulu, dan dari program itu diturunkan proyek-proyek.


Program-progam itu harus mengacu pada program besar ( Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional) yang telah ditetapkan oleh Mentri Dalam Negeri dan telah dituangkan dari Peraturan Menteri Dalam Negeri tahun 2010, pasal 50 sd pasal 84. Dengan demikian, pembangunan tidak lagi bersifat kuantitatif tetapi lebih bersifat kaualitatif. Bukan banyaknya proyek yang dipentingkan tetapi mutu / kualitasnya.

Menurut beliau, potensi Kabupaten Merauke yang terbesar adalah perikanan. Kalau bidang perikanan ini dipacu dan ditangani dengan baik, terarah, terprogram dan terpadu, Kab Merauke akan mendapatkan pendapatan per tahun yang luar biasa besaar. Bidang ini dapat dikembangkan secara maksimal, tanpa merusak lingkungan / hutan tropis yang ada di wilayah ini.

Ibu Maria adalah dosen di Universitas Indonesia, dan pakar di bidang Ekonomi Pembangunan. Beliau telah membantu banyak pemerintah provinsi dan daerah untuk menyusun program pembangunan jangka menengah. Pencerahan demi pencerahan, telah beliau berikan agar Pemerintah Daerah dan Pemerintah Provinsi dapat melaksanakan pembangunan anak bangsa secara terarah dan terencana, dengan pencapaian mutu yang makin mantap. Beliau telah menjadi "terang dan garam" bagi masyakarat.

Komentar

Postingan Populer