PERAN PENTING

 RENUNGAN HARIAN

24 AGUST 24 

Hari ini kita merayakan pesta st. Bartolomeus Rasul. 


Dalam Why 21: 9b -14 dikisahkan: "Tuhan Allah berkata kepadaku: "Marilah ke sini, aku akan menunjukkan kepadamu pengantin perempuan, mempelai Anak Domba." Lalu, di dalam roh Dia membawa aku ke atas sebuah gunung yang besar lagi tinggi dan menunjukkan kepadaku kota yang kudus itu, Yerusalem, turun dari sorga, dari Allah. 

Kota itu penuh dengan kemuliaan Allah dan cahayanya sama seperti permata yang paling indah, bagaikan permata yaspis, jernih seperti kristal. Dan temboknya besar lagi tinggi dan pintu gerbangnya dua belas buah; dan di atas pintu-pintu gerbang itu ada dua belas malaikat dan di atasnya tertulis nama kedua belas suku Israel. Di sebelah timur terdapat tiga pintu gerbang dan di sebelah utara tiga pintu gerbang dan di sebelah selatan tiga pintu gerbang dan di sebelah barat tiga pintu gerbang. Dan tembok kota itu mempunyai dua belas batu dasar dan di atasnya tertulis kedua belas nama kedua belas rasul Anak Domba itu. 

 

Yohanes dalam injilnya (1: 45-51) mewartakan: "Pada waktu itu, Filipus bertemu dengan Natanael dan berkata kepadanya: "Kami telah menemukan Dia, yang disebut oleh Musa dalam kitab Taurat dan oleh para nabi, yaitu Yesus, anak Yusuf dari Nazaret." Kata Natanael: "Mungkinkah sesuatu yang baik datang dari Nazaret?" Kata Filipus kepadanya: "Mari dan lihatlah!" 

Yesus melihat Natanael datang kepadaNya, lalu berkata tentang dia: "Lihat, inilah seorang Israel sejati, tidak ada kepalsuan di dalamnya!" Tanya Natanael: "Bagaimana Engkau mengenal aku?" Jawab Yesus: "Sebelum Filipus memanggil engkau, Aku telah melihat engkau di bawah pohon ara." Kata Natanael: "Rabi, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel!" 

Yesus menjawab: "Karena Aku berkata kepadamu: Aku melihat engkau di bawah pohon ara, engkau percaya? Engkau akan melihat hal-hal yang lebih besar dari pada itu." Lalu kata Yesus: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya engkau akan melihat langit terbuka dan para malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia."

Hikmah yg dpt kita petik:

1.Telah direncanakan Allah dan disampaikan kpd Yohanes dalam penglihatannya bhw 12 rasul menjadi dasar / kekuatan utama bagi umat Allah. 

Mrk punya peranan penting bagi kehidupan gereja. Peran mrk skg ini dilaksanakan para uskup sbg pengganti / penerus mrk. Marilah kita bersyukur atas kemurahan Tuhan yg telah menyertai umatNya melalui para rasul. 

2. Bartolomeus yg mula2 ragu2 akan adanya "org baik Nazareth" ternyata mendapat karunia yg luar biasa dari Yesus - Pribadi yg diragukan itu. 

Maka janganlah memandang rendah mrk yg menurut pandangan kita "keras kepala / ikut maunya sendiri". Amin. (Mgr Nico Adi MSC).

 

Komentar

Postingan Populer