PENGGANTI

 RENUNGAN HARIAN

TGL 28 SEPT 23

 

Dalam Hag 1: 1-8 pada masa pemerintahan Darius disampaikan firman Tuhan kepada Zerubabel, bupati Yehuda, dan kepada Yosua bin Yozadak, imam besar. Beginilah bunyi firman itu: "Bangsa ini berkata: Sekarang belum tiba waktunya untuk membangun kembali rumah TUHAN!" Lalu, datanglah firman TUHAN dengan perantaraan nabi Hagai, bunyinya: "Apakah sudah tiba waktunya bagi kamu untuk mendiami rumah-rumahmu yang dipapani dengan baik, sedang Rumah ini tetap menjadi reruntuhan? 

 Sebab itu, beginilah firman TUHAN semesta alam: Perhatikanlah keadaanmu! Kamu menabur banyak, tetapi membawa pulang hasil sedikit; kamu makan, tetapi tidak sampai kenyang. Kamu minum, tetapi tidak sampai puas; kamu berpakaian, tetapi badanmu tidak sampai panas. Dan orang yang bekerja untuk upah, ia bekerja untuk upah yang ditaruh dalam pundi-pundi yang berlobang! 

 Beginilah firman TUHAN semesta alam: Perhatikanlah keadaanmu! Naiklah ke gunung, bawalah kayu dan bangunlah Rumah itu; maka Aku akan berkenan kepadanya dan akan menyatakan kemuliaanKu di situ, firman TUHAN.  

 

Lukas dalam injilnya (9: 7-9) mewartakan: "Pada waktu itu, Herodes, raja wilayah, mendengar segala yang terjadi itu dan iapun merasa cemas, sebab ada orang yang mengatakan, bahwa Yohanes telah bangkit dari antara orang mati. Ada lagi yang mengatakan, bahwa Elia telah muncul kembali, dan ada pula yang mengatakan, bahwa seorang dari nabi-nabi dahulu telah bangkit. 

 Meski demikian, Herodes berkata: "Yohanes telah kupenggal kepalanya. Siapa gerangan Dia ini, yang kabarnya melakukan hal-hal demikian?" Lalu ia berusaha supaya dapat bertemu dengan Yesus.

 Hikmah yg dpt kita petik: 

 1. Allah menegaskan melalui nabi Hagai bahwa manusia yg menomorsatukan pekerjaannya sendiri dan melupakan Allah, hasilnya sia-sia. 

 Hendaknya kita berusaha tiap hari utk hidup sesuai dg rencana dan kehendak Allah. Caranya: sediakan cukup waktu (= duduk tenang dan berdoa) utk berdialog dan berelasi yg akrab dg Allah. Dlm ketenangan hati itu, kehendak Allah dpt dirasakan.

 2. Yohanes sudah dibunuh Herodes, tiba2 muncullah "Orang Lain" yg tidak dikenalnya namun kuasaNya luar biasa. Herodes heran akan "Org itu" karena Dia punya kuasa itu yg luar biasa".

 Ketika ada satu org utusan Allah yg mati, Allah telah menyiapkan penggantiNya. Semoga kita pun berani bergerak, karena Allah memilih org2 yg beriman, cerdik, suka menolong, dsb sbagai penolong mereka yg sakit dan menderita. Amin. (Mgr Nico Adi MSC).

 

Komentar

Postingan Populer