MEMILIH MATI

 RENUNGAN HARIAN

TGL 20 SEPT 23 

 

Hari ini memperingati para martir dari Korea: Andreas Kim Taegon dan Paulus Chong Hasang dkk. Gereja di Korea dimulai th 1784 oleh seorang awam yg kembali dari Beijing. 50 th kemudian para misionaris dari Perancis masuk ke Korea secara diam-diam utk melayani umat yg telah berkembang karena kerasulan kaum awam itu. Iman itu sungguh berakar di dalam kehidupan umat. Antara th 1836 - 1867 ada sekitar 103 warga gereja yg disiksa dan dibunuh karena setia kepada Kristus. Di antara mereka adalah Andreas Kim (seorang imam asli Korea) dan Paulus Chong (seorang rasul awam). Mereka dinyatakan sbg santo oleh Paus Yoh Paulus II th 1984. 

 

Dalam Gal 2: 19-20 Paulus menyapa umatnya: "Sdr-2, oleh hukum Taurat, aku telah mati, supaya aku hidup untuk Allah. Aku telah disalibkan dengan Kristus. Meski demikian aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku. Dan hidupku yang kuhidupi sekarang di dalam daging, adalah hidup oleh iman dalam Anak Allah yang telah mengasihi aku dan menyerahkan diriNya untuk aku.  

 

 Matius dalam injilnya (28: 16-20) mewartakan: "Ketika itu, sebelas murid itu berangkat ke Galilea, ke bukit yang telah ditunjukkan Yesus kepada mereka. Ketika melihat Dia mereka menyembahNya, tetapi beberapa orang ragu-ragu. Lalu Yesus mendekati mereka dan berkata: "KepadaKu telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi. Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa muridKu dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman."

 Hikmah yg dpt kita petik:

 1. Iman katolik di Korea dimulai dan dikembangkan oleh para rasul awam. Pada awalnya selama 50th mereka berkembang dan iman makin berakar meski tanpa kehadiran para imam.

 Semoga kaum awam di Indonesia pun menyadari dan percaya diri bhw mereka juga adalah org2 terberkati dan diutus utk menjadi pewarta dan saksi Kristus. Mrk semestinya bangga bhw mrk adalah terang dan garam dunia yg telah berada dan hidup bersama masy yg berkeyakinan lain.

 2. 103 org baik awam maupun imam tetap setia kepada Kristus yg telah diimaninya, meski mrk dianiaya dan satu per satu dibunuh. 

 Mrk lebih memilih mati drpd murtad atau menjadi pengkhianat. Semoga mrk yg sedang menderita karena iman / hidup di daerah sulit dan rawan konflik, tetap setia kpd Kristus yg memberikan jaminan kehidupan kekal. Amin. (Mgr Nico Adi MSC).

 

Komentar

Postingan Populer