TULUS

 RENUNGAN HARIAN

TGL 19 JUNI 23

 

Dalam 2Kor 6: 1-10 Paulus menyapa umatnya: "Sdr2, sebagai teman-teman sekerja, kami menasihatkan kamu, supaya kamu jangan membuat menjadi sia-sia kasih karunia Allah, yang telah kamu terima.  Allah berfirman: "Pada waktu Aku berkenan, Aku akan mendengarkan engkau, dan pada hari Aku menyelamatkan, Aku akan menolong engkau." 

 Sesungguhnya, waktu ini adalah waktu perkenanan itu; sesungguhnya, hari ini adalah hari penyelamatan itu. Dalam hal apapun kami tidak memberi sebab orang tersandung, supaya pelayanan kami jangan sampai dicela.  Sebaliknya, dalam segala hal kami menunjukkan, bahwa kami adalah pelayan Allah, yaitu: dalam menahan dengan penuh kesabaran dalam penderitaan, kesesakan dan kesukaran, dalam menanggung dera.

 Kami pelayan Allah dalam penjara dan kerusuhan, dalam berjerih payah, dalam berjaga-jaga dan berpuasa; dalam kemurnian hati, pengetahuan, kesabaran, dan kemurahan hati; dalam Roh Kudus dan kasih yang tidak munafik; dalam pemberitaan kebenaran dan kekuasaan Allah.  Kami menggunakan senjata-senjata keadilan untuk menyerang ataupun untuk membela ketika dihormati dan ketika dihina; ketika diumpat atau ketika dipuji; ketika dianggap sebagai penipu.

 Kami dipercayai, sebagai orang yang tidak dikenal, namun terkenal; sebagai orang yang nyaris mati, dan sungguh kami hidup; sebagai orang yang dihajar, namun tidak mati; sebagai orang berdukacita, namun senantiasa bersukacita; sebagai orang miskin, namun memperkaya banyak orang; sebagai orang tak bermilik, sekalipun kami memiliki segala sesuatu.  

 

Matius dalam injilnya (5: 38-42) mewartakan sabda Yesus: "Kamu telah mendengar firman: Mata ganti mata dan gigi ganti gigi. Aku berkata kepadamu: Janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu, melainkan siapapun yang menampar pipi kananmu, berilah juga kepadanya pipi kirimu. 

 Dan kepada orang yang hendak mengadukan engkau karena mengingini bajumu, serahkanlah juga jubahmu. Dan siapapun yang memaksa engkau berjalan sejauh satu mil, berjalanlah bersama dia sejauh dua mil.  Berilah kepada orang yang meminta kepadamu dan janganlah menolak orang yang mau meminjam dari padamu.

 Hikmah yg dpt kita petik:

 1. Paulus tergerak hati utk mengingatkan umatnya bhw hari ini adalah hari keselamatan / perkenanan. 

 Hendaknya kita pun terpanggil utk mengingatkan sdr2 ttg Allah dan hari perkenanan itu. 

 2. Yesus berpesan: "Janganlah kamu melawan org yg berbuat jahat kpdmu. Berilah yg dia minta". 

 Artinya sbg pengikutnya, kita diminta utk berani berkorban, rela mengampuni secara tulus sbgmana Dia telah memberi teladan. 

 

Moga2 kita menjadi anak2 Allah yg murah hati dan siap utk dihina dan disakiti tanpa rasa benci / dendam. Amin. (Mgr Nico Adi MSC).

 

Komentar

Postingan Populer