TRITUNGGAL MAHAKUDUS

 

RENUNGAN HARIAN

TGL 4 JUNI 23

 

HARI INI adalah Hari Raya Tritunggal Mahakudus. Saat  dibaptis, kita dipersatukan dg Allah Tritunggal dan diangkat sebagai anak2Nya.  Semoga kita senantiasa hidup dalam kesatuan itu dan terdorong utk mendorong sesama agar mau hidup dalam kesatuan itu.

 

Dalam Kel 34: 4b-6.8-9 dikisahkan: "Pada waktu itu, Musa naik ke atas gunung Sinai, seperti yang diperintahkan TUHAN kepadanya, dan membawa dua loh batu itu di tangannya.  Turunlah TUHAN dalam awan, lalu berdiri di sana dekat Musa serta menyerukan nama-Nya. Berjalanlah TUHAN lewat dari depannya dan berseru: "TUHAN, itu Allah penyayang dan pengasih, panjang sabar, berlimpah kasihNya dan setiaNya, 

 Segeralah Musa berlutut ke tanah, lalu sujud menyembah serta berkata: "Jika aku telah mendapat kasih karunia di hadapanMu, ya Tuhan, berjalanlah kiranya Tuhan di tengah-tengah kami. Sekalipun bangsa ini suatu bangsa yang tegar tengkuk, tetapi ampunilah kesalahan dan dosa kami. Ambillah kami menjadi milikMu."

 

Paulus dalam 2Kor 13: 11-13 menyapa umatnya: "Sdr2, bersukacitalah, usahakanlah dirimu supaya sempurna. Terimalah segala nasihatku! Sehati sepikirlah kamu, dan hiduplah dalam damai sejahtera; maka Allah, sumber kasih dan damai sejahtera akan menyertai kamu! 

Berilah salam seorang kepada yang lain dengan cium yang kudus. Salam dari semua orang kudus kepada kamu. Kasih karunia Tuhan Yesus Kristus, dan kasih Allah, dan persekutuan Roh Kudus menyertai kamu sekalian.

 

Dalam injilnya (3: 6-8) Yohanes mewartakan: "Dalam percakapanNya dg Nikodemus, Yesus berkata: "Begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan AnakNya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepadaNya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. 

Allah mengutus AnakNya ke dalam dunia bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya oleh Dia.  Barangsiapa percaya kepadaNya, ia tidak akan dihukum, dan barangsiapa tidak percaya, ia telah berada di bawah hukuman, sebab ia tidak percaya dalam nama Anak Tunggal Allah.

 Hikmah yg dpt kita petik: 

 1. Allah menyatakan DiriNya kpd Musa. Dialah satu2nya Allah, yg pengasih dan penyayang, panjang sabar dan berlimpah kasih setiaNya. 

 Allah yg satu itu, yg diimani oleh Abraham, dan keturunannya, yg menyatakan Diri kpd Musa adalah Allah yg kita imani juga.  Allah yg Esa itu, bukan karena kita tetapi Allah sendiri yg menyatakannya. 

 

2. Yesus sendiri yg menyatakan bhw Dia adalah Anak Allah yg diutus ke dunia. Sementara itu, dikatakan Yesus pula bhw Bapa dan Anak adalah satu. 

 Misteri kesatuan ini (satu Allah dua Pribadi) tentu sulit utk dibayangkan, namun Allah memberi karunia kpd manusia spy dpt mengalami kehadiranNya dan sapaanNya. 

 3. Roh Kudus adalah Roh Kebenaran yg diutus Allah utk menuntun umatNya menuju ke kehidupan kekal yaitu kehidupan yg amat membahagiakan karena bersama  Allah. 

 Kita masing2 diberi waktu dan kekuatan utk berjalan yg lurus, dalam bimbingan Roh. Roh ini akan membaharui hati manusia agar penuh kasih dan terarah kpd kebahagiaan bersama Allah. Amin. (Mgr Nico Adi MSC).

 

Komentar

Postingan Populer