IMAM AGUNG

RENUNGAN HARIAN

TGL 28 JUNI 23

 

Hari ini kita memperingati 1 orang kudus yaitu St. Ireneus. Dia lahir di Turki sekitar th 140, dan dididik oleh St. Polikarpus. Th 177 dia diangkat sbg uskup Lyon dan menggembalakan umatnya dg penuh perhatian. Ia selalu berusaha utk membela iman yg benar. Ia berusaha pula utk memperjuangkan kesatuan Gereja dg jalan tanpa kekerasan. Dalam perselisihan antara Gereja Latin dan Yunani, ttg tgl hari raya Paska, dia menjadi juru bicara Paus. Dia meninggal sbg martir th 202. 

 

Paulus melalui 2Tim 2: 22b-26 menyapa Timoteus: "Sdrku yg terkasih, kejarlah keadilan, kesetiaan, kasih dan damai bersama-sama dengan mereka yang berseru kepada Tuhan dengan hati yang murni. Hindarilah soal-soal yang dicari-cari, yang bodoh dan tidak layak. Engkau tahu bahwa soal-soal itu menimbulkan pertengkaran, sedangkan seorang hamba Tuhan tidak boleh bertengkar, tetapi harus ramah terhadap semua orang. 

Ia harus cakap mengajar, sabar dan dengan lemah lembut dapat menuntun orang yang suka melawan, sebab mungkin Tuhan memberikan kesempatan kepada mereka untuk bertobat dan memimpin mereka sehingga mereka mengenal kebenaran, dan dengan demikian mereka menjadi sadar kembali, karena terlepas dari jerat Iblis yang telah mengikat mereka pada kehendaknya. 

 

Yohanes dalam injilnya (17: 20-26) mewartakan doa Yesus kepada BapaNya: "Bapa yg kudus, bukan untuk mereka ini saja Aku berdoa, tetapi juga untuk orang-orang, yang percaya kepadaKu oleh pemberitaan mereka; supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau, agar mereka juga di dalam Kita, supaya dunia percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku. 


Aku telah memberikan kepada mereka kemuliaan, yang Engkau berikan kepadaKu, supaya mereka menjadi satu, sama seperti Kita adalah satu: Aku di dalam mereka dan Engkau di dalam Aku supaya mereka sempurna menjadi satu, agar dunia tahu, bahwa Engkau yang telah mengutus Aku dan bahwa Engkau mengasihi mereka, sama seperti Engkau mengasihi Aku. 

Ya Bapa, Aku mau supaya, di manapun Aku berada, mereka juga berada bersama-sama dengan Aku. Mereka yang telah Engkau berikan kepadaKu, agar mereka memandang kemuliaanKu yang telah Engkau berikan kepadaKu, sebab Engkau telah mengasihi Aku sebelum dunia dijadikan. 

Ya Bapa yang adil, memang dunia tidak mengenal Engkau, tetapi Aku mengenal Engkau, dan mereka ini tahu, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku. Aku telah memberitahukan namaMu kepada mereka dan Aku akan memberitahukannya, supaya kasih yang Engkau berikan kepadaKu ada di dalam mereka dan Aku di dalam mereka."


Hikmah yg dpt kita petik:

1. Tuhan memberikan gembala kepada umatnya, bukan pertama-tama orang yg cerdik pandai, tetapi org yg beriman, berhati seorang gembala yg lembut hati, melindungi, dg berani membela ajaran yg benar dan memelihara serta mempersatukan umat Allah yg dipercayakan kepadanya. 

St Ireneus doakan dsn jagalah para gembala umat di mana pun mereka berada. 

2. Yesus mendoakan para rasulnya dan mrk yg percaya kepadaNya berkat pewartaan para rasul itu. Dia menghendaki agar mereka bersatu dan berada bersama Dia serta mengalami kemuliaan surgawi. 

Marilah kita berterima kasih kepada Yesus Sang Imam Agung yg telah dan senantiasa mendoakan kita. Hendaknya kita yg didoakan berusaha utk tetap bersatu dengan Dia dan mendorong org lain agar juga berada dalam lindunganNya. Amin. (Mgr Nico Adi MSC).

 

Komentar

Postingan Populer