KUTERUSKAN KEPADAMU - 2

Pembaca yang budiman

Umat Allah memang membutuhkan para imam dan para religius. Mereka diberkati dan dikuatkan oleh para imam, baik ketika memulai hidup ini (mendapatkan sakramen permandian), ketika menapaki hidup ini (sakramen tobat, ekaristi, krisma, pernikahan), maupun ketika sakit ( sakramen pengurapan orang sakit). Betapa banyaknya imam-imam dan religius yang telah bekerja di seluruh penjuru dunia untuk melayani umat Allah.  Di sisi lain, umat juga mencintai para imam dan religius. Banyak umat yang telah berkorban, dan memberikan dukungan moril, finansial, banyak kemudahan dan rasa aman kepada mereka. Keduanya telah bekerja sama, dan saling melengkapi dalam membangun Gereja Tuhan. 

Salah satu wujud cinta umat kepada para imam dan para religius adalah korban (pengorbanan) Tidak sedikit umat yang telah berkorban bagi imam-imam dan religius yang  sakit, yang sedang mengalami krisis panggilan, yang sedang kebimbingan, bahkan ketergantungan obat atau alkohol. Bentuk cinta umat yang sering diberikan kepada para imam dan religius adalah doa.  Dalam rangka doa kerahiman Ilahi, ada juga doa untuk para imam dan religius. Doa itu saya tuturkan untuk anda.


Hari Kedua
Meditasi Kitab Suci : Mat9:35-38
Marilah kita berdoa bagi para Imam dan Religius
yang menjadi perantara Kerahiman Allah bagi umat manusia.

Yesus yang Maharahim, sumber segala kebaikan. Lipat gandakanlah rahmat-Mu bagi para Imam dan Religius supaya dengan pantas dan dengan hasil yang baik, mereka melaksanakan tugasnya di kebun anggur-Mu. Semoga melalui sabda dan teladan yang baik, mereka dapat menarik semua orang kepada devosi yang pantas kepada Kerahiman Illahi selama-lamanya.

Bapa yang kekal, pandanglah dengan mata-Mu yang penuh kerahiman para pekerja di dalam kebun anggur-Mu, khususnya jiwa-jiwa para Imam dan Religius yang menjadi pelaksana cinta kasih khusus dari Putera-Mu Tuhan kami Yesus Kristus. Berilah mereka kekuatan berkat-Mu dan terang khusus, supaya mereka dapat memimpin banyak orang ke jalan keselamatan dan supaya mereka dapat menurunkan kerahiman-Mu. Amin

Umat sekalian
Atas nama para imam dan religius, khususnya yang bekerja di keuskupan Agung Merauke, dan mereka yang dulu pernah bekerja di Merauke, saya mengucapkan banyak terima kasih atas pengorbanan, doa  dan cinta anda untuk kami semua. Apa yang telah anda berikan  tidaklah sia-sia. Gereja sebagai lembaga, dan umat Allah di Keuskupan Agung Merauke, tetap kokoh berdiri dan berjalan terus sesuai dengan rencana besar Tuhan, dan juga karena peran serta anda sekalian.

Pada kesempatan yang penuh rahmat ini, atas nama mereka pula, dan secara pribadi, saya mohon maaf atas segala kekurangan, kesalahan, dan tindakan kami yang kurang berkenan atau malah menyakiti hati anda, atau telah mengakibatkan perselisihan, atau perpecahan. Mungkin pula hal itu telah mengakibatkan hubungan yang tidak harmonis, dan makin renggang di antara kita.


Mari pada hari penuh kasih ini, kita slaing memaafkan dan saling mengampuni, sehingga kita bersama-sama dapat memasuki kehidupan baru yang lebih damai. 

Komentar

Postingan Populer