SIAPAKAH MANUSIA

Pembaca yang budiman..................
Syaloom....... melalui tulisan berikut ini, penulis menyapa anda sehubungan dengan kegiatan Pembaharuan Karismatik Katolik. Di banyak tempat kegiatan ini telah banyak dikenal. Namun, ada baiknya juga kegiatan yang bagus ini penulis haturkan kepada anda. Tulisan ini dimulai dengan sebuah pertanyaan: “Siapakah manusia itu, sehingga “berani” menyelenggarakan pelbagai kegiatan di bumi ini ? “

Setiap hari ada begitu banyak kegiatan dan pembangunan yang dapat kita lihat. Bukan hanya di bidang fisik dan sosial, di bidang keagamaan pun manusia telah banyak melakukan kegiatan rohani. Belum lama berselang di Merauke, telah terlaksana kegiatan besar yang diprakarsai oleh Badan Pembaharuan Karismatik Katolik Merauke. Kegiatan apakah itu ? Kegiatan Konvenda (Konvensi Daerah) adalah Rapat Anggota Persekutuan Doa Karismatik Katolik yang berada di suatu provinsi gerejawi.

Konvenda III Pembaharuan Karismatik Katolik (PKK) Papua diadakan di Merauke. Acara dibuka dengan Misa Kudus oleh Mgr Niko msc, didampingi Mgr Piet Timang (Uskup Pendamping Karismatik Nasional), dan sejumlah imam yang berkesempatan hadir saat itu. Hadir para utusan dari 5 Keuskupan: dari Manokwari, Fak-fak, Sorong, Jayapura, Timika, Agats dan tuan rumah Merauke. Peserta diperkirakan 200 orang. Kegiatan untuk Orang Muda Katolik (OMK) dipusatkan di Rumah Bina – Kelapa Lima, sedangkan untuk umum di Gedung Vententen ( Katedral Lama ) Merauke.

Kegiatan rohani ini berlangsung tanggal 10-14 Juli 2011. Tema yang diangkat adalah “Kamu akan Kuberikan hati yang baru dan roh yang baru dalam batinmu (Yeheskiel 36:26)”. Tujuan kegiatan ini adalah mendalami peranan Roh Kudus dalam kehidupan menggereja. Persaudaraan di dalam komunitas dan antar komunitas berdasarkan spiritualitas yang sama disegarkan kembali. Kedua, kegiatan ini juga memberikan penyegaran dalam pelayanan para peserta dan pembekalan kepada pada leader. Ketiga, menyamakan persepsi dalam pembaharuan karismatik Katolik yang kontekstual Papua, dan keempat memilih pengurus Badan Pengurus Pelayanan Gerejawi (BPPG) periode 2011-2013.

PKK sebagai kelompok kategorial telah memberikan andil dalam pengembangan iman umat, dan kini telah beruisia 38 Tahun. Dalam usaha melaksanakan misi untuk mencapai visinya, PKK telah mengadakan berbagai macam kegiatan yang bersifat pengkaderan dan pengembangan iman umat. Mereka yang telah diperbaharui semangatnya dan kehidupannya, terpanggil untuk meneruskan “pengalaman pembaharuan hidup itu” kepada sesamanya bahwa Tuhan itu sungguh baik. Roh Kudus telah membaharui hidupnya dan Roh itu pula yang mengutus dia untuk mewartakan dan memberikan kesaksian tentang kebaikan Tuhan.

Kegiatan Konvenda dilaksanakan setiap 3 tahun sekali di masing-masing Keuskupan secara bergilir. Konvenda merupakan tahap yang harus dilaksanakan 1 tahun menjelang Konvensi Nasional (konvenas) PKK. Patut dicatat juga bahwa Konvenda I dilaksanakan di Jayapura tahun 2005 dan Konvenda II sudah dilakukan di Manokwari pada tahun 200.

Melalui kegiatan ini, manusia memohon untuk Tuhan hadir dan membaharui roh dan hidup mereka. Siapakah manusia itu, sehingga diperkenankan untuk datang, berada di hadirat-Nya dan memohon pembaharuan. Manusia itu bukan apa-apa. Manusia hanyalah sebutir debu pada pinggir timbangan, demikianlah kata pemazmur. Manusia hanyalah ciptaan-Nya, namun karena kebaikan dan kemurahan-Nya, sang ciptaan itu memperoleh kehormatan untuk berada di hadapan-Nya. Betapa luhur dan agunglah Dia (Tuhan Allah) kita yang telah berkenan "menerima manusia dan memungkinkan semuanya itu terjadi”.

Komentar

Postingan Populer