Vancouver Hari Keempat - sambungan

Setelah Misa dengan Keluarga Besar UKIBC, para sesepuh UKIBC berkumpul di rumah Bapak Petrus Tjahjadi untuk mengadakan acara dari hati ke hati dengan Mgr. Niko MSC. Banyak pengurus yang hadir, sehingga ruang tamu keluarga itu penuh sesak. Hadir juga pada kesempatan itu, Romo Edwin dan Romo Niko Tumbelaka.

Mgr Niko menyampaikan maksud kunjungan ke Vancouver yaitu untuk membangun kerja sama dengan lembaga-lembaga pendidikan yang bisa memberikan beasiswa kepada putra-putri Keuskupan Agung Merauke, dan juga dengan Keuskupan Agung Vancouver dalam rangka pendidikan lanjut bagi para Imam Diosesan Keuskupan Agung Merauke.

Selain untuk maksud tersebut, Uskup juga memberikan penjelasan tentang perkembangan di wilayah Selataan Papua, dan situasi riil pendidikan dan kesehatan masyarakat. Letak geografis yang sulit, transportasi yang terbatas dan infrastruktur yang tidak ada, membuat perkembangan SDM di wilayah ini berjalan amat lambat. Dalam rangka meningkatkan mutu SDM dibutuhkan banyak sekali tenaga guru dan tenaga terampil yang purna waktu, setia berada di tempat, dan siap membangun masyarakat.

Keuskupan Agung Merauke memfokuskan perhatiannya untuk 5 SD di lima tempat di luar kota Merauke (Kimaam, Kepi, Bade, Tanah Merah dan Mindiptana) dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan bagi anak-anak sekolah. Mengapa dipilih kelima tempat tersebut ? Alasannya adalah penduduk di tempat-tempat itu banyak, mudah dijangkau dan dipantau, ada tenaga pastor di sana yang bisa mengawasi, transportasi ke sana dapat dikatakan cukup lancar.

Syukur kepada Allah bahwa rekan-rekan UKIBC siap membantu membiayai 6 orang guru ( 1 suster dan 5 guru) untuk SD Don Bosco Kimaam. Biaya operasional yang diperlukan per bulan Rp. 10 juta rupiah ( Can $ 1.300 ). Diharapkan bahwa pada awal tahun 2010 ini, dana itu sudah terkumpul dan bisa disalurkan ke Keuskupan Agung Merauke.


Kepada para donatur dan anda sekalian yang telah menunjukkan simpati kepada kami, saya haturkan banyak terima kasih. Kami bangga bahwa anda telah bersedia membantu dan menjadi saluran rahmat bagi kami di Merauke. Berkat yang anda terima dan anda salurkan, tidak pernah sia-sia, sebaliknya kemurahan Tuhan akan makin berlimpah kepada mereka yang murah hati. Bukanlah Yesus bersabda:" Hendaklah kalian murah hati, sebagaimana Bapamu di surga, murah hati adanya".

Komentar

Postingan Populer