ANDREAS KIM

 RENUNGAN HARIAN

TGL 20 SEPT 24

 

Hari ini kita memperingat para martir dari Korea: Andreas Kim Taegon dan Paulus Chong dkk. Mereka dibunuh karena setia kpd Kristus th 1836-1837. Gereja Korea tumbuh dan berkembang bukan hanya karena pelayanan ara imam, tetapi terutama karena peranan kaum awam.

 

Melalui Gal 2: 19-20 Paulus menyapa umatnya: "Sdr-2, aku telah mati oleh hukum Taurat terhadap hukum Taurat, supaya aku hidup untuk Allah. Aku telah disalibkan dengan Kristus. Sekarang aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku. Dan hidupku yang kuhidupi sekarang di dalam daging, adalah hidup oleh iman akan Anak Allah yang telah mengasihi aku dan menyerahkan diriNya untuk aku. 

 

Matius dalam injilnya (28: 16-20) mewartakan: "Ketika itu, 11 murid itu berangkat ke Galilea, ke bukit yang telah ditunjukkan Yesus kepada mereka. Ketika melihat Dia mereka menyembahNya, tetapi beberapa orang ragu-ragu. Yesus mendekati mereka dan berkata: "KepadaKu telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi. Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa muridKu dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman."

 

Hikmah yg dpt kita petik:

1. Paulus sungguh2 sadar bhwa dirinya telah dipersembahkan kpd Allah secara utuh dan penuh sehingga yg hidup di dalam dirinya adalah Kristus. Dirinya adalah milik Kristus. Maka, dia sanggup menderita apa saja karena Kristus itu. 

Demikian pula yg terjadi pada diri para martir dari Korea. Mrk memersembahkan seluruh diri mereka kpd Kristus secara total. Darah nrk telah mengharumkan dan memperkuat iman mrk. Semoga kita pun berani bsrtindak demikian. 

2. Ketika Yesus sdh hampir menyelesaikan tugasNya Dia memanggil para muridNya, menyiapkan dan memberikan kuasa utk mewartakan kerajaan Allah. Dia sendiri menyertai mereka. 

Semoga melalui tindakan harian, kita boleh saling memahani, meneguhkan dan mengajar orang2 yg tidak mengenal Kristus melalui teladan kehidupan: ketulusan, kesetiaan, kesucian, kesabaran dan kesederhanaan agar makin banyak org mengalami kehadiran Tuhan. AMIN. (Mgr Nico Adi MSC).

 

Komentar

Postingan Populer