PASTI TUMBUH

 RENUNGAN HARIAN

TGL 23 JULI 23

 Dalam Keb 12: 13.16-19 diserukan: "Kecuali Engkau, tidak ada Allah yang memelihara segala-galanya, sehingga Engkau harus membuktikan, bahwa Engkau menghukum dengan adil. Asas keadilanMu ialah kekuatanMu, dan karena memerintah semuanya, Engkau menyayangkan segala-galanya.  Memang kekuatan hanya Kauperlihatkan apabila orang tak percaya akan kepenuhan kekuasaanMu, dan Kaupermalukan keberanian orang yang mengetahui kekuasaanMu itu. 

 Engkau, Penguasa yang kuat, mengadili dengan belas kasihan, dan dengan sangat hati-hati memperlakukan kami, sebab kalau mau Engkau dapat juga. Dengan berlaku demikian Engkau mengajar umatMu, bahwa orang benar harus sayang akan manusia. Anak-anakMu Kauberi harapan yang baik ini: Kauberikan kesempatan untuk bertobat apabila mereka berdosa. 

 

Paulus melalui Rom 8: 26-27 menyapa umatnya: "Sdr2, Roh membantu kita dalam kelemahan kita, sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan. Dan Allah yang menyelidiki hati nurani, mengetahui maksud Roh itu, yaitu bahwa Ia, sesuai dengan kehendak Allah, berdoa untuk orang-orang kudus. 

 

Matius dalam injilnya (13: 24-30) mewartakan: "Ketika itu, Yesus membentangkan suatu perumpamaan kepada mereka: "Hal Kerajaan Sorga itu seumpama orang yang menaburkan benih yang baik di ladangnya. Pada waktu semua orang tidur, datanglah musuhnya menaburkan benih lalang di antara gandum itu, lalu pergi. Ketika gandum itu tumbuh dan mulai berbulir, nampak jugalah lalang itu. 

 Maka datanglah para hamba tuan ladang itu kepadanya dan bertanya: Tuan, bukankah benih baik, yang tuan taburkan di ladang tuan? Dari manakah lalang itu? Jawab tuan itu: Seorang musuh yang melakukannya. Lalu berkatalah para hamba itu: maukah tuan supaya kami pergi mencabut lalang itu?

Dia berkata: Jangan, sebab mungkin gandum itu ikut tercabut pada waktu kamu mencabut lalang itu. Biarkanlah keduanya tumbuh bersama sampai waktu menuai. Pada waktu itu aku akan berkata kepada para penuai: Kumpulkanlah dahulu lalang itu dan ikatlah berberkas-berkas untuk dibakar; lalu kumpulkan gandum itu ke dalam lumbungku."

 Hikmah yg dpt kita petik: 

 1. Diungkapkan dlm kitab Kebijaksanaan bhw Allah memelihara semua makhluk ciptaannya, dan memperlakukannya dg adil karena menyayangi mereka. 

 Semoga kita pun turut memelihara apa yg diciptakan Tuhan, dan menjaga serta mengembangkan apa yg telah diusahakan / diproduksi sesama demi kebaikan dan kehidupan banyak org.

 2. Tuhan bersabda: "Biarkanlah lalang itu tumbuh sampai musim panen". 

 Itu berarti Tuhan amat yakin bahwa benih yg ditabur itu pasti tumbuh, berkembang dan menghasilkan panenan, meski ada hambatan / gangguan besar, yaitu tumbuhan lalang. Hendaknya kita yakin pula bhw Allah punya rencana, jalan dan strategi sendiri dan luar biasa utk menyelamatkan umatNya. Amin. (Mgr Nico Adi MSC)

 

Komentar

Postingan Populer