ADA MUKJIZAT SETIAP HARI

 RENUNGAN HARIAN

TGL 26 JULI 23

 

Hari ini adalah hari peringatan wajib st. Yoakhim dan St. Anna. Mereka ada orangtua kandung Bunda Maria. Mereka dikenal sbg orang yg setia mengabdi Allah dan sesama.  Dari buku2 kristen diketahui bhw mereka sudah lama mengharapkan anak, dan harapan itu dikabulkan dg lahirnya 1 bayi perempuan. Bayi itu diberi nama: Maria. Kelahiran Maria menyemarakkan dan makin menyucikan kehidupan keluarga itu. Yoakhim berarti *persiapan bagi Tuhan*, sedangkan Anna berarti *rahmat / karunia*. 

 

Dalam Sir 44: 1.10-15 dikisahkan: "Kami hendak memuji orang-orang termasyhur, para nenek moyang kita menurut urut-urutannya. Dan yang berikut ini adalah orang kesayangan, yang kebajikannya tidak sampai terlupa.  Semuanya tetap tinggal pada keturunannya sebagai warisan baik yang berasal dari mereka. Keturunannya tetap setia kepada perjanjian-perjanjian, dan anak-anak merekapun demikian pula keadaannya. 

 Keturunan mereka akan tetap tinggal untuk selama-lamanya, dan kemuliaannya tidak akan dihapus. Dengan tenteram jenazah mereka ditanamkan, dan nama mereka hidup terus turun temurun. Bangsa-bangsa bercerita tentang kebijaksanaannya, dan pujian mereka diwartakan jemaah. 

 

Matius dalam injilnya (13: 16-17) mewartakan sabda Yesus: "Berbahagialah matamu karena melihat dan telingamu karena mendengar. Aku berkata: Sesungguhnya banyak nabi dan orang benar ingin melihat apa yang kamu lihat, tetapi tidak melihatnya, dan ingin mendengar apa yang kamu dengar, tetapi tidak mendengarnya.

 Hikmah yg dpt kita petik:

 1. Tuhan benar2 mahakuasa dan telah menyiapkan banyak utusan dan melengkapi mereka agar keselamatanNya tersebat di seluruh muka bumi. 

 Yoakhim dan Anna telah mengalami kasih Allah itu, semoga mrk semua makin disucikan dan banyak bangsa segera memperoleh karunia Allah. 

 2. Para nabi dan para imam, banyak yg tidak melihat mukjizat yg diadakan Yesus, padahal mereka ingin sekali utk melihatnya.

Hendaknya kita bersyukur bahwa kita diperkenankan utk melihat dan mengalami kehadiran Yesus.  Yesus dikandung ibuNya, kehadiranNya di dunia ini pada hari natal, dan dalam Kitab Suci dan seluruh makhluk ciptaanNya adalah mukjizat. Bahwa kita masih dpt berkomunikasi, bekerja sama dg sesama, bisa berjalan, dan bisa merasakan yg ada di sekitar kita, juga merupakan mukjizat. Maka, pantaslah kita setiap hari mengucapkan syukur kepadaNya. Amin. (Mgr Nico Adi MSC).

 

Komentar

Postingan Populer