ORANG YANG BERKENAN

 RENUNGAN HARIAN

TGL 9 JULI 23

 

Nabi Zakaria (9: 9-10) menyampaikan nubuatnya: "Bersorak-soraklah dengan nyaring, hai puteri Sion, bersorak-sorailah, hai puteri Yerusalem! Lihat, rajamu datang kepadamu; ia adil dan jaya. Ia lemah lembut dan mengendarai seekor keledai, seekor keledai beban yang muda. Ia akan melenyapkan kereta-kereta dari Efraim dan kuda-kuda dari Yerusalem. Busur perang akan dilenyapkan, dan ia akan memberitakan damai kepada bangsa-bangsa. Wilayah kekuasaannya akan terbentang dari laut sampai ke laut dan dari sungai Efrat sampai ke ujung-ujung bumi. 

 

Paulus dalam Rom 8: 9.11-13 menyapa umatnya: "Sdr2, kamu tidak hidup dalam daging, melainkan dalam Roh, jika memang Roh Allah diam di dalam kamu. Jika orang tidak memiliki Roh Kristus, ia bukan milik Kristus. Dan jika Roh Dia, yang telah membangkitkan Yesus dari antara orang mati, diam di dalam kamu, Roh itu akan menghidupkan juga tubuhmu yang fana itu oleh RohNya, yang diam di dalam kamu. Jadi, sdr2 kita adalah orang berhutang, tetapi bukan kepada daging, supaya hidup menurut daging. Jika kamu hidup menurut daging, kamu akan mati; tetapi jika oleh Roh kamu mematikan perbuatan-perbuatan tubuhmu, kamu akan hidup.  

 

 Matius dalam injilnya (11: 25-30) mewartakan: "Pada waktu itu berkatalah Yesus: "Aku bersyukur kepadaMu, Bapa, Tuhan langit dan bumi, karena semuanya itu Engkau sembunyikan bagi orang bijak dan orang pandai, tetapi Engkau nyatakan kepada orang kecil. Ya Bapa, itulah yang berkenan kepadaMu. Semua telah diserahkan kepadaKu oleh BapaKu dan tidak seorangpun mengenal Anak selain Bapa, dan tidak seorangpun mengenal Bapa selain Anak dan orang yang kepadanya Anak itu berkenan menyatakannya. 

 Marilah kepadaKu, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah padaKu, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan. Kuk yang Kupasang itu enak dan bebanKupun ringan."

 Hikmah yg dpt kita petik:

 1. Zakaria bernubuat bhw raja adil akan datang. Ia sederhana dan rendah hati. Maksud kedatangannya adalah utk menyatakan dan membawa damai bagi semua bangsa. 

 Maka, org2 yg cinta dan membawa damai dg rendah hati dan tulus, sebetulnya telah ambil bagian dalam karya besar Raja Damai itu, dan hidup dalam bimbingan Roh Allah. 

 2. Yesus sebagai Anak Allah, menerima segala kuasa dari BapaNya. Dan org2 yg berkenan kepadaNya dipilih utk mengenal Allah dan Yesus - Anak Allah itu. 

 Semoga kita adalah orang-orang yg berkenan kepadaNya, shg dipilih utk menghadirkan kasih Allah kepada banyak org yg tulus dan rendah hati. Amin. (Mgr Nico Adi MSC).

 

Komentar

Postingan Populer