MENGUBAH MENTAL

 RENUNGAN HARIAN

TGL 3 JULI 2023

 Hari ini adalah hari pesta St. Thomas Rasul. Dia lahir di Galilea, dan berlatar belakang sbg buruh nelayan. Hidupnya pas-pasan atau malah bisa dikatakan serba kekurangan. Maka, dia cenderung kecil hati, curiga dan tidak mudah percaya. Sikap itu tampak pada peristiwa Yesus menampakkan diri kepada para rasul. Sesudah Pentakota terjadi perubahan besar pada para rasul.Tomas menyebarkan injil ke Persia dan sampai ke India. Di India dia dibunuh sbg martir.  

 

Dalam Ef 2: 19-22 Paulus menyapa umatnya: "Sdr2, kamu bukan lagi orang asing dan pendatang, melainkan kawan sewarga dari orang-orang kudus dan anggota-anggota keluarga Allah, yang dibangun di atas dasar para rasul dan para nabi, dengan Kristus Yesus sebagai batu penjuru. Di dalam Dia tumbuh seluruh bangunan, rapih tersusun, menjadi bait Allah yang kudus, di dalam Tuhan. Di dalam Dia kamu juga turut dibangunkan menjadi tempat kediaman Allah, di dalam Roh.

 

 Yohanes dalam injilnya (20: 24-29) mewartakan: "Sekali peristiwa, Tomas, seorang dari dua belas murid itu, yang disebut Didimus, tidak ada bersama-sama mereka, ketika Yesus datang ke situ. Maka kata para murid yang lain itu kepadanya: "Kami telah melihat Tuhan!" Tomas menjawab: "Sebelum aku melihat bekas paku pada tanganNya dan sebelum mencucukkan jariku ke dalam bekas paku itu dan tanganku ke dalam lambungNya, sekali-kali aku tidak akan percaya." 

 Delapan hari kemudian para murid Yesus berada kembali dalam rumah itu dan Tomas bersama-sama dengan mereka. Sementara pintu-pintu terkunci, Yesus datang dan berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata: "Damai sejahtera bagi kamu!" 

 Kemudian Ia berkata kepada Tomas: "Taruhlah jarimu di sini dan lihatlah tanganKu, ulurkanlah tanganmu dan cucukkan ke dalam lambungKu dan jangan engkau tidak percaya lagi, melainkan percayalah." Tomas menjawab Dia: "Ya Tuhanku dan Allahku!" Kata Yesus kepadanya: "Karena telah melihat Aku, engkau percaya. Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya."

 Hikmah yg dpt kita petik:

 1. Tomas menjadi org yg kecil hati dan sulit utk percaya karena latar belakang keluarga dan kehidupan sbelumnya yg serba kekurangan. Dia menuntut org lain agar memenuhi syarat2 yg dimintanya. 

 Tuhan mampu mengubah mental kecil hati dan ketidakpercayaannya itu shg dia menjadi rasul yg bisa diandalkan. Karena rahmat dan kuasaNya, Tuhan juga amat mampu mengubah dan membaharui mental dan kehidupan kita, shg menjadi saluran berkat bagi sesama. 

 2. Para rasul dalam Yesus, telah menjadi dasar bagi persatuan umat Allah. Kita semua menjadi saudara. 

 Hendaknya kita menghargai dan mengembangkan persatuan itu, sbg ucapan syukur kepada Alah agar di mana-mana dialami damai sejahtera. Amin. (Mgr Nico Adi MSC)

 

Komentar

Postingan Populer