Kunjungan Pimpinan JMJ


Sr. Theresia Suprihati JMJ (Pemimpin Umum Tarekat JMJ) dan Sr. Fabiola JMJ (Asisten Pemimpin Umum) berkunjung ke Merauke pada tanggal 12 - 14 September 2009. Tujuan kunjungan itu adalah melihat dari dekat karya keuskupan di bidang pendidikan yang telah dipercayakan kepada Sr. Angela Rompas JMJ dan bidang kesehatan kepada Sr. Agustine Sumaraw JMJ. Mereka juga berusaha untuk mengenal situasi riil dan kebutuhan dalam rangka pengembangan umat keuskupan Agung Merauke, dan memikirkan peluang dan kemungkinan untuk pelayanan pada masa yang akan datang.

Selain itu, mereka juga diajak berkeliling sampai ke Semangga I, II, Tugu Murdani, dan Tanah Miring agar dapat memahami perkembangan masyarakat di seputaran Merauke. Ini amat penting mengingat bahwa kota Merauke dan sekitarnya sedang giat membangun wilayah masing-masing. Ini berarti kemajuan dan modernisasi juga sudah masuk sampai ke desa-desa di wilayah Kabupaten Merauke dan kabupaten-kabupaten lainnya.

Banyak anak yang tidak sekolah, dan hanya berkeliaran saja di seputar gedung gereja. Sementara itu, orang tua mereka pergi bekerja di pelabuhan, dan mama tinggal-tinggal saja di rumah. Terlebih lagi, kehadiran investor baru di beberapa wilayah, akan mempercepat perkembangan daerah, tetapi juga akan membuat masyarakat setempat yang tidak sekolah / taraf pendidikannya masih rendah, akan semakin tertinggal.

Amat diperlukan para guru, petugas lapangan, para pembina yang sungguh-sungguh rela berkorban, setia di tempat tugas, siap melayani dan memberikan dorongan / pelatihan terus-menerus agar perkembangan masyarakat tersebut dapat terjadi. Pada saat ini, sangat sulit untuk mendapatkan orang-orang yang punya kerelaan besar untuk berkorban.

Hasil peninjauan di Merauke, akan menjadi bahan pertimbangan dalam rangka membuka komunitas baru di Keuskupan Agung Merauke.

Komentar

Postingan Populer