Bokem

Bokem adalah nama stasi, yang dilayani oleh pastor paroki St. Theresia - Buti - Merauke. Jaraknya 20 km di luar / pinggiran kota Merauke, dan ditempuh dengan waktu 30 - 40 menit. Penduduknya sebagian besar adalah orang-orang Muyu, dan pekerjaan mereka adalah bertani. Junlah mereka sekitar 200 jiwa. Mereka tinggal di daerah yang berawa-rawa, sebagian tanahnya telah ditinggikan sehingga bisa ditanami palawija dan pisang, serta buah-buahan lainnya. Di kampung (dibaca: di desa) ini adalah sebuah SD Inpres dengan 5 orang guru PNS, ada 1 buah Puskesmas Pembantu (Pustu) yang dilayani oleh seorang bidan.

Sekian tahun yang silam, Yayasan Santo Antonius (Yasanto) Merauke membeli tanah di wilayah itu (sekitar 20 tahun lalu ??), dan kemudian tanah itu dibagikan kepada petani-petani kecil agar mereka bisa mempunyai tempat tinggal dan tanah garapan. Inilah satu salah satu bentuk keberpihakan para Bruder Misionaris Tujuh Kedukaan (pendiri dan pemilik Yayasan itu) kepada kaum kecil di tanah Anim-ha.

Di stasi ini, tanggal 12 Oktober 2009 yang lalu, telah dilaksanakan penerimaan sakramen Krisma oleh Uskup Agung Merauke. Krisma diterima oleh 11 orang calon yang telah dipersiapkan selama 3 bulan oleh pastor James Sabon MSC. Ikut hadir dalam acara dan misa syukur itu adalah Sr. Theresina PBHK, Sr. Angela Rompas JMJ dan Sr. Agustine Sumaraw JMJ. Setelah Misa, ada 2 keluarga dari krismawan/wati yang mengundang kami untuk makan malam bersama keluarga mereka.

Komentar

Postingan Populer