YANG PALING UTAMA

 RENUNGAN HARIAN

TGL 28 OKT 23

 Hari ini kita merayakan pesta 2 orang kudus: st. Simon dan Yudas - Rasul. Pestanya dirayakan sekaligus mungkin karena nama mrk sering disebut secara berurutan. Simon sering disebut org Zelot utk menggambarkan kelompok yg sangat fanatik dalam berpegang teguh pada hukum Taurat. Ia mewartakan injil di daerah Mesopotamia, dan mati sbg martir di Iran. Nama Yudas muncul di Injil Yohanes. Dialah yg bertanya mengapa Yesus menyatakan diri kpd para muridNya dan bukan kpd dunia. Ia mewartakan injil di Mesopotamia dan mati sbg martir bersama Simon di Iran. 

 

Melalui Ef 2: 19 - 22 Paulus menyapa umatnya: "Sdr-2, kamu bukan lagi orang asing dan pendatang, melainkan kawan sewarga dari orang-orang kudus dan anggota-anggota keluarga Allah, yang dibangun di atas dasar para rasul dan para nabi, dengan Kristus Yesus sebagai batu penjuru. Di dalam Dia tumbuh seluruh bangunan, rapih tersusun, menjadi bait Allah yang kudus, di dalam Tuhan. Di dalam Dia kamu juga turut dibangunkan menjadi tempat kediaman Allah, di dalam Roh.

 

Lukas dalam injilnya (6: 12-19) mewartakan: "Pada waktu itu pergilah Yesus ke bukit untuk berdoa dan semalam-malaman Ia berdoa kepada Allah. Ketika hari siang, Ia memanggil para muridNya, lalu memilih dari antara mereka dua belas orang, yang disebutNya rasul.  Mereka adalah Simon yang juga diberiNya nama Petrus, dan Andreas saudara Simon, Yakobus dan Yohanes, Filipus dan Bartolomeus, Matius dan Tomas, Yakobus anak Alfeus, dan Simon yang disebut orang Zelot, Yudas anak Yakobus, dan Yudas Iskariot yang kemudian menjadi pengkhianat. 

 Lalu Yesus turun dengan mereka dan berhenti pada suatu tempat yang datar: di situ berkumpul sejumlah besar dari para muridNya dan banyak orang lain yang datang dari seluruh Yudea dan dari Yerusalem dan dari daerah pantai Tirus dan Sidon. Mereka datang untuk mendengarkan Dia dan untuk disembuhkan dari penyakit mereka; juga mereka yang dirasuk oleh roh-roh jahat beroleh kesembuhan. Dan semua orang banyak itu berusaha menjamah Dia, karena ada kuasa yang keluar dariNya dan semua orang itu disembuhkanNya.

 Hikmah yg dpt kita petik: 

 1. Paulus menegaskan bhw umat Allah dibangun di atas dasar para rasul. Mrk adalah para saksi atas hidup Yesus dan saksi iman akan kebangkitanNya. 

 Hendaknya kita bersyukur atas kesaksian itu dan tidak ragu2 akan iman yg diwariskan kpd kita. 

 2. Simon org Zelot dan Yudas bin Yakobus tidak terkenal dan tidak menonjol seperti Petrus, Yohanes dan Yakobus yg sering disebut namanya dan banyak kali berada di dekat Yesus.

 Bagi kita kedekatan fisik tidaklah yg amat penting. Yg paling utama adalah bhw mereka dipilih Tuhan utk meneruskan kabar sukacita bhw Allah mengasihi umatNya melalui Yesus. 

 

Kita pun secara fisik tidak dekat dan tidak pernah melihat Yesus. Yang paling penting adalah mengimani bhw Allah juga mencintai kita melalui Yesus. Dan juga bhw kita diutus utk meneruskan dan memberikan kesaksian ttg kebaikan Tuhan kpd sesama. Amin. (Mgr Nico Adi MSC).

 

Komentar

Postingan Populer