MENCARI DALIH

 RENUNGAN HARIAN

TGL 22 OKT 23

 

Dalam Yes 45: 1.4-6 dikisahkan beginilah firman TUHAN: "Inilah firmanKu kepada orang yang Kuurapi, kepada Koresy yang tangan kanannya Kupegang supaya Aku menundukkan bangsa-bangsa di depannya dan melucuti raja-raja, supaya Aku membuka pintu-pintu di depannya dan supaya pintu-pintu gerbang tidak tinggal tertutup. 

 Karena hambaKu Yakub dan Israel, pilihanKu, Aku memanggil engkau dengan namamu, menggelari engkau, sekalipun engkau tidak mengenal Aku. Akulah TUHAN dan tidak ada yang lain; kecuali Aku tidak ada Allah. Aku telah mempersenjatai engkau, sekalipun engkau tidak mengenal Aku, supaya orang tahu dari terbitnya matahari sampai terbenamnya, bahwa tidak ada yang lain di luar Aku. Akulah TUHAN dan tidak ada yang lain.

 

 Paulus melalui 1Tes 1: 1-5b menyapa umatnya: "Dari Paulus, Silwanus dan Timotius kepada jemaat Tesalonika yang ada di dalam Allah Bapa dan di dalam Tuhan Yesus Kristus. Kasih karunia dan damai sejahtera menyertai kamu. Kami selalu mengucap syukur kepada Allah karena kamu semua dan menyebut kamu dalam doa kami. Kami selalu mengingat pekerjaan imanmu, usaha kasihmu dan ketekunan pengharapanmu kepada Tuhan kita Yesus Kristus di hadapan Allah dan Bapa kita. 

 Dan kami tahu, hai saudara-saudara yang dikasihi Allah, bahwa Ia telah memilih kamu. Injil yang kami beritakan bukan disampaikan kepada kamu dengan kata-kata saja, tetapi juga dengan kekuatan oleh Roh Kudus dan dengan suatu kepastian yang kokoh.

 

Matius dalam injilnya (22: 15-21) mewartakan: "Ketika itu pergilah orang-orang Farisi; mereka berunding bagaimana mereka dapat menjerat Yesus dengan suatu pertanyaan. Mereka menyuruh para murid mereka bersama-sama orang-orang Herodian untuk bertanya kepada Yesus. "Guru, kami tahu, Engkau adalah seorang yang jujur dan dengan jujur mengajar jalan Allah dan Engkau tidak takut kepada siapapun juga, sebab Engkau tidak mencari muka. Katakanlah kepada kami pendapatMu: Apakah diperbolehkan membayar pajak kepada Kaisar atau tidak?" 

 Yesus mengetahui kejahatan hati mereka itu lalu berkata: "Mengapa kamu mencobai Aku, hai orang-orang munafik? Tunjukkanlah kepadaKu mata uang untuk pajak itu." Mereka membawa suatu dinar kepadaNya. Maka Ia bertanya kepada mereka: "Gambar dan tulisan siapakah ini?" Jawab mereka: "Gambar dan tulisan Kaisar." Lalu kata Yesus kepada mereka: "Berikanlah kepada Kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah."

 Hikmah yg dpt kita petik: 

 1. Melalui Yesaya, disampaikan kpd seluruh bangsa bhw hanya ada 1 Allah, dan tidak ada yg lain. Dia mengenal umatNya dg namanya masing2 dan melengkapi mereka dg rupa2 karunia. 

 Allah yg diwartakan itu, sama dg Allah yg diberitakan Yesus kpd para rasul-Nya, dan kemudian diteruskan para rasul kpd kita. Hendaknya kita bersyukur atas pemberitaan dan karunia yg juga diberikan kpd kita. Kita juga didorong utk menyelaraskan hidup kita dg anugerah yg kita terima itu. 

 2. Paulus mengucap syukur kpd Allah atas pertumbuhan dan perkembangan iman umatNya. Apa yg dialami umat menjadi alasan utk berdoa dan mendoakan mrk. 

 Hendaknya kita pun terdorong utk bsrsyukur atas kemajuan sdr, rekan kerja, anak buah, atau pembantu kita, dan bukan sebaliknya yaitu memusuhi atau menyingkirkan dia.

 3. Org2 farisi dan para ahli taurat mencobai Yesus dg jalan bertanya ttg pembayaran pajak. 

 Org2 yg tidak senang akan mencari rupa2 jalan / dalih utk menyalahkan atau menjatuhkan pihak lain. Hendaknya kita waspada akan hal-hal / cara2 licik yg dipakai org utk menyudutkan sesamanya. Di mana ada perpecahan / perselisihan, di sana kuasa si jahatlah yg bekerja. Amin. (Mgr Nico Adi MSC).

 

Komentar

Postingan Populer