MISKIN

 RENUNGAN HARIAN

TGL 4 OKT 23

 Hari ini kita memperingati 1 orang kudus yaitu st. Fransiskus Asisi. Dia anak pedagang kain yg kaya raya shg suka berfoya-foya. Ketika berdoa di gereja San Damiano, dia terpanggil utk memperbaiki rumah Tuhan yg hampir roboh. Berawal dari peristiwa itu, dia melepaskan hartanya dan mulai mengumpulkan orang2 utm hidup miskin, dan menyebut diri Saudara-2 Dina. Ia menekankan semangat cinta persaudaraan dan kesederhanaan bagi para pengikutnya. Salah satu karunia yg diterimanya adalah cinta akan alam semesta. Fransiskus meninggal tgl 3 Okt 1226, pada usia 44th. 

 

Melalui Gal 6: 14-18, Paulus menyapa umatnya: "Sdr-2, aku sekali-kali tidak mau bermegah, selain dalam salib Tuhan kita Yesus Kristus, sebab olehnya dunia telah disalibkan bagiku dan aku bagi dunia. Bersunat atau tidak bersunat tidak ada artinya, tetapi menjadi ciptaan baru, itulah yang ada artinya. Dan semua orang, yang memberi dirinya dipimpin oleh patokan ini, turunlah kiranya damai sejahtera dan rahmat atas mereka dan atas Israel milik Allah. 

 Selanjutnya janganlah ada orang yang menyusahkan aku, karena pada tubuhku ada tanda-tanda milik Yesus. Kasih karunia Tuhan kita Yesus Kristus menyertai roh kamu, saudara-saudara! Amin. 

 

Matius dalam injilnya (11: 25-30) mewartakan: "Pada waktu itu berkatalah Yesus: "Aku bersyukur kepadaMu, Bapa, Tuhan langit dan bumi, karena semuanya itu Engkau sembunyikan bagi orang bijak dan orang pandai, tetapi Engkau nyatakan kepada orang kecil. Ya Bapa, itulah yang berkenan kepadaMu. Semua telah diserahkan kepadaKu oleh BapaKu dan tidak seorangpun mengenal Anak selain Bapa, dan tidak seorangpun mengenal Bapa selain Anak dan orang yang kepadanya Anak itu berkenan menyatakannya. 

 Marilah kepadaKu, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah padaKu, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan. Kuk yang Kupasang itu enak dan bebanKupun ringan."

 Hikmah yg dpt kita petik:

 1. Frasiskus berani memutuskan ikut Yesus yg bersengsara, padahal di anak orang kaya dan yg sukanya berfoya-foya. 

 Kalau Tuhan memanggil orang untuk meneruskan karyaNya, Dia akan memimpin dan mengarahkan org itu, agar makin setia dan berkobar-kobar hatinya utk kemuliaan Allah dan kebahagiaan sesamanya.

 2. Yesus bersyukur kepada BapaNya, karena ada banyak org kecil yg telah mengalami kehadiran dan kasih sayangNya.

Semoga kita berani memulai utk hidup miskin di hadapan Bapa, dg disertai pelayaan yg tulus agar banyak org tertarik utk menghidupi dan mengikuti teladan st. Fransiskus - Asisi. Amin. (Mgr Nico Adi MSC)

 

Komentar

Postingan Populer