TERGUGAH

 RENUNGAN HARIAN

TGL 29 OKT 23

 

Dalam Kel 22: 21-27 dikisahkan 

"Janganlah kautindas atau kautekan orang asing, sebab kamupun dahulu adalah orang asing di tanah Mesir. Seseorang janda atau anak yatim janganlah kamu tindas. Jika engkau memang menindas mereka ini, tentulah Aku akan mendengarkan seruan mereka, jika mereka berseru-seru kepadaKu dengan nyaring. Maka murkaKu akan bangkit dan Aku akan membunuh kamu dengan pedang, sehingga isteri-isterimu menjadi janda dan anak-anakmu menjadi yatim. Jika engkau meminjamkan uang kepada salah seorang dari umatKu, orang yang miskin di antaramu, janganlah engkau berlaku sebagai seorang penagih hutang terhadap dia: janganlah kamu bebankan bunga uang kepadanya. 

Jika engkau sampai mengambil jubah temanmu sebagai gadai, haruslah engkau mengembalikannya kepadanya sebelum matahari terbenam, sebab hanya itu saja penutup tubuhnya, itulah pemalut kulitnya — pakai apakah ia pergi tidur? Maka apabila ia berseru-seru kepadaKu, Aku akan mendengarkannya, sebab Aku ini pengasih."  

 

Matius dalam injilnya (22: 34-40) mewartakan: "Ketika orang-orang Farisi mendengar, bahwa Yesus telah membungkam orang-orang Saduki, berkumpullah mereka. Lalu, seorang dari mereka, seorang ahli Taurat, bertanya untuk mencobai Dia: "Guru, hukum manakah yang terutama dalam hukum Taurat?" 

Jawab Yesus: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. Itulah hukum yang terutama dan yang pertama. Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi."

 Hikmah yg dpt kita petik: 

 1. Tuhan benar-benar dan amat berpihak kpd org2 kecil, org cacat dan mrk yg tersingkir. Di satu sisi, org yg berkecukupan, sudah amat sering mendapatkan simpati, fasilitas, dukungan finansial dll. Di sisi lain, org2 tersingkir jarang mendapatkannya. 

Maka perlu dibangun sikap peduli, bela rasa dan tindakan nyata utk menolong mrk. Semoga banyak org tergugah utk menjadi saluran rahmat.

 2. Seorang ahli Taurat, datang kpd Yesus utk mencobai Dia. Dia adalah murid org2 Farisi. Jawaban Yesus kepadanya ttg hukum kasih sungguh telak dan memuaskan dia.  

 Yesus tetap maha bijaksana dan maha agung shg bisa memberikan jawaban yg sempurna. Mengikuti Dia, tidaklah sia-sia. Tentu, ada salib yang harus dipikul bersama Dia. Hendaknya kita tetap yakin bhw Yesus adalah Utusan Allah yg berkuasa utk menyelamatkan manusia dari cengkeraman kuasa dosa. Amin. (Mgr Nico Adi MSC).

 

Komentar

Postingan Populer