TIDAK TERLIHAT

 RENUNGAN HARIAN

TGL 21 OKT 23 

 

Melalui Rom 4: 13.16-18 Paulus menyapa umatnya: "Sdr-2, bukan karena hukum Taurat telah diberikan janji kepada Abraham dan keturunannya, bahwa ia akan memiliki dunia, tetapi karena kebenaran, berdasarkan iman. Kebenaran yg berdasarkan iman itu merupakan kasih karunia, sehingga janji itu berlaku bagi semua keturunan Abraham, bukan hanya bagi mereka yang hidup dari hukum Taurat, tetapi juga bagi mereka yang hidup dari iman Abraham. 

 Abraham adalah bapa kita semua, —seperti ada tertulis: "Engkau telah Kutetapkan menjadi bapa banyak bangsa" — di hadapan Allah yang kepadaNya ia percaya, yaitu Allah yang menghidupkan orang mati dan yang menjadikan dengan firmanNya apa yang tidak ada menjadi ada. Sekalipun tidak ada dasar untuk berharap, Abraham berharap juga dan percaya, bahwa ia akan menjadi bapa banyak bangsa. Seperti yang telah difirmankan: "Demikianlah banyaknya nanti keturunanmu."  

 

Lukas dalam injilnya (12: 8-12) mewartakan sabda Yesus: "Setiap orang yang mengakui Aku di depan manusia, Anak Manusia juga akan mengakui dia di depan para malaikat Allah. Sebaliknya, barangsiapa menyangkal Aku di depan manusia, ia akan disangkal di depan para malaikat Allah. Setiap orang yang mengatakan sesuatu melawan Anak Manusia, ia akan diampuni; tetapi barangsiapa menghujat Roh Kudus, ia tidak akan diampuni. 

 Apabila orang menghadapkan kamu kepada para majelis atau kepada para pemerintah dan para penguasa, janganlah kamu kuatir bagaimana dan apa yang harus kamu katakan untuk membela dirimu. Pada saat itu juga Roh Kudus akan mengajar kamu apa yang harus kamu katakan."

 Hikmah yg dpt kita petik: 

 1. Paulus menegaskan bhw kebenaran karena iman itu anugerah Allah. Buah-buahnya membuat hidup ini indah, aman dan membahagiakan. 

Kalau demikian, hendaknya kita mengusahakan buah-buah iman itu, dg gembira dan setia, agar semakin banyak org mengalami kasih Allah melalui diri kita. 

 2. Ketika kita dihakimi atau ditindas karena mengakui Yesus - Sang Kebenaran, Roh Kudus diutus Allah utk membela dan melindungi kita pada saat itu juga. 

 Allah amat tahu bhw kita tidak berdaya dan amat membutuhkan pertolongan. Maka Dia tidak berlambat utk menolong meski secara lahiriah kehadiranNya tidak terlihat, namun bisa juga Dia hadir dalam pribadi hakim atau orang2 yg diutusNya. Maka, pantaslah kita bersyukur kepadaNya. Amin. (Mgr Nico Adi).

 

Komentar

Postingan Populer