TEOFILUS


RENUNGAN HARIAN
Tgl 21 Mei 20

HARI RAYA KENAIKAN TUHAN

Dalam Kis 1: 1 - 11  kepada Teofilus, Lukas menyampaikan tulisan ttg 1. segala sesuatu yg diajarkan dan dikerjakan Yesus sampai Dia diangkat ke surga. 
2. Panggilan dan perutusan para rasul, 3. Penampakan Yesus sesudah kebangkitanNya,  4. Pesan agar para rasul tetap tinggal di Yerusalem sampai pd hari Pantekosta, dll. 5. Mereka diutus untuk menjadi saksiNya sampai ke seluruh dunia.

Matius mewartakan pula bhw Yesus secara langsung mengutus para rasul dan memberi kekuatan spiritual dan moril kpd mereka: "KepadaKu telah diberikan kuasa di surga dan di bumi. Karena itu, pergilah, jadikanlah semua bangsa muridKu dan baptislah mereka..... dan ajarlah mereka melakukan segala yg Kuperintahkan kpdmu. Aku menyertai kamu sampai akhir jaman.

Kehadiran dan penyertaan Kristus benar2 dialami Paulus.  Pengalaman iman itu pula yg menjadi bahan pewartaan bagi umatnya: "Betapa kaya kemuliaan yg dijanjikanNya utk diwarisi orang2 kudus, dan betapa hebat kuasaNya bagi kita yg percaya". 


Hikmah yg bisa kita petik : 

1.  Teofilus namanya disebut dua kali di dalam KS ( di Luk dan Kis ), rasul2 banyak kali, namun yg terbanyak namanya tidak disebut, meski mereka disapa Yesus dan diutus ke mana2. 

Maka, tidak perlu sakit hati atau kecewa bahkan demo, bila nama kita tidak disebut walaupun kita berjasa, mberi sumbangan paling besar, tokoh masyarakat, org berpangkat menjadi perintis atau pendiri lembaga tertentu, dll.  Di sisi lain, tidak usah gembar- gembor kayak juru kampanye, utk apa tampil bersinar pd hari perayaan atau puncak kegiatan, karena sebelumnya tidak pernah nongol atau terlibat di sana. 

2. Berani mengutus berarti berani pula mberikan kekuatan dan dukungan spiritual dan moril. Wujudnya adalah kontak dg yg diutus tetap ada. Jangan biarkan mereka berjuang sendirian. Misalnya: tanya keadaannya, evaluasi programnya, beri pengarahan dan pengayaan dll.  Juga mentor / pembina perlu mendoakan mereka. Tanya apakah mrk juga berdoa dan menguatkan iman.  Jangan biarkan mereka dikuasai nafsu kuasa, uang dan kenikmatan duniawi atau pun kuasa kegelapan.  Baik juga pembina / mentor mengunjungi, mberikan dukungan moril dan kalau ada bantuan keuangan. 

3. Yesus menegaskan kpd para utusanNya: "Jadi semua bangsa muridKu, dan ajarlah mereka melakukan perintahKu". 
Utk menjadikan mrk murid Kristus, tidak harus keluar negri, belajar bahasa Latin, atau bolak balik pergi ziarah.   Cukuplah mendorong dan membina  mrk agar hidup bahagia, dg memperhatikan alam lingkungan, sumberdaya alam, hidup rukun dan damai dengan tetangga, rekan sekerja,  saling mengampuni, mbantu dll.

Memberikan teladan yg baik secara terus menerus di kebun jauh lebih joss dari pada seribu kata manis di atas panggung berkarpet merah namun tanpa bukti.


Komentar

Postingan Populer