MISTERIUS


RENUNGAN HARIAN 
Tgl 25 Mei 2020

Pada waktu itu,  Apolos ada di Korintus dan Paulus berada di Efesus  ( Kis  19: 1-8 ). Masing2 rasul mengunjungi umat yang telah percaya kpd Kristus. Ketika ditanya, apakah mrk sudah menerima Roh Kudus, mrk menjawab: "Belum, bahkan mendengar namaNya pun tidak".   Atas dasar kepercayaan mrk itu,  Paulus menumpangkan tangan atas mereka dan mrk menerima Roh Kudus.

Menjelang kenaikannya ke surga,  Yesus berbicara kpd para rasul dan murid2Nya dg terus terang ( Yoh 16: 29 - 33). 

Atas sabda Yesus yg disampaikan dg terus terang ( tanpa kiasan ) para murid amat berbahagia. Mrk berseru:  "Lihat Engkau sekarang berkata-kata dg terus terang (tidak dg kiasan). Engkau tahu segala sesuatu. Skg kami percaya bhw Engkau datang dari Allah".

Atas suasana yg baik itu, Yesus juga mengatakan dg jelas, utk meneguhkan hati mereka: "Di dunia kamu menderita, kuatkanlah hatimu, Aku telah mengalahkan dunia".

Hikmah yg dpt kita petik: 

1.     Tempat pelayanan dan umat yg dilayani berbeda-beda: di kota, di desa, di pulau, atau di pedalaman,  namun PERLU DISADARI DAN DIIMANI BAHWA Yang Mengutus adalah Tuhan yg SATU DAN SAMA.  Malah di tempat2 yg sulit, TUHAN MEMBERIKAN ANUGERAH YG LEBIH BESAR ( Siapa yang meninggalkan bapanya, ibunya dan saudara-saudarinya, akan mendapat 100 kali ganda).  Maka, jangan iri hati kpd rekan2 yg bertugas di kota atau sering mengeluh klo ditugaskan di tempat yg sulit. 
2.     Yesus berbicara dg terus terang....kpd para rasulNya. Yesus tahu kapan saatnya utk berbicara dg terus terang. Dia mengajak murid2Nya utk lebih dahulu berpikir dan belajar mengenal diriNya atas usaha mrk sendiri. Sesudah itu, barulah Dia jelaskan siapa diriNya, BapaNya dan perutusanNya. 
3.     Dia mengajar kita, ketika tiba waktunya, "perkenalkan siapakan diri kita masing2". Jangan terus-menerus menjadi org yg misterius, tertutup dan tidak mau berkomunikasi dari hati ke hati. Hal itu akan menyulitkan diri sendiri dan org lain dlm mewujudkan persaudaraan, kesatuan hati dan pikiran,  dan damai sejahtera.   Org yg misterius, mungkin lebih cocok tinggal di suatu wilayah yg tidak berpenghuni. 
4.     Teladan yg baik, kata-kata bijak dan  peneguhan,  jauh lebih dibutuhkan oleh orang2 yg diutus utk meneruskan pelayanan yg dipercayakan kepada mereka, daripada harta benda.


Komentar

Postingan Populer