MENYEBAR HOAX


RENUNGAN HARIAN 
Tgl 31 Mei 2020

HARI RAYA PENTAKOSTA 

PENTAKOSTA adalah hari ke lima puluh setelah Yesus bangkit.  Apa yg terjadi pada saat itu ?  Kis 2: 1 - 12 memberitakan bhw para rasul berkumpul di suatu tempat, dan mendengar bunyi yg sangat kuat, lalu muncullah lidah-lidah api yg hinggap di atas kepala orang2 yg percaya kpd Kristus.  

Mrk kemudian mewartakan karya Agung Tuhan dg berani dlm bahasa daerah mereka sendiri, namun orang2 dari daerah yg berbeda-beda, bahkan dari luar negeri,  mendengar para rasul itu berbicara dlm bahasa daerah / bahasa negara mrk sendiri. 

Allah mpersatukan anak-anakNya - umatNya, utk mengalami kasihNya. Dialah yg mengerjakan semuanya dalam semua orang ( Kor 12: 3b-7. 12-13). 

Ketika mengunjungi para rasul, sesudah kebangkitanNya, Yesus menyampaikan kata-kata ini: "Sama spt Bapa mengutus Aku, demikian pula skg Aku mengutus kamu". Sesudah berkata demikian, Yesus menghembusi mereka dan berkata: "Terimalah Roh Kudus". 

Hikmah yg dpt kita petik: 

1.     Roh Kudus dicurahkan kepada umat Allah ketika mereka berkumpul. Yang berkumpul bukan nya para rasul, ada orang lain juga: Maria ibunda Yesus, Maria yang lain dan saudara-saudara Yesus.  Allah berkenan memberikan anugerah-Nya kepada banyak orang.  Mereka berkumpul untuk menyaksikan karya agung Tuhan, bukan utk berjudi, menghisap narkoba atau merencanakan kejahatan. Roh Kudus mbuat mrk sehati sejiwa, toleran, dan saling berbagi, mengakui dan menghargai perbedaan sehingga semua saudaranya hidup sejahtera. 
2.     Muncul lidah-lidah api.. (lambang kehadiran Roh Kudus), Roh yg menghangatkan / mberi semangat untuk menjadi saksi ttg Allah yang Esa dan tentang Yesus yang diutus untuk menyelamatkan umat manusia dari belenggu dosa. “Lidah Api” memang kecil tetapi semangatnya besar / daya pembaharuannya”.  Maka jangan minder, meski “talentanya kecil”, badannya kecil, berasal dari kota kecil, gajinya kecil, pendek kata: semuanya kecil, asal dikerjakan dengan semangat dan kasih yang besar, bersama dengan Roh Allah, akan muncul hal-hal yang mengagumkan.
3.     Allah menyapa umatNya dalam bahasa mereka sendiri. Itulah bahasa kasih. Hanya Allah yg bisa mbuat mukjizat yg demikian besar itu. Siapa yang menyapa, hidup dan bekerja dengan sesamanya “dalam bahasa dan suasana kasih”, dia telah menghadirkan Allah sendiri.
4.     Roh Kudus dicurahkan kpd para rasul, Paulus dan murid2 nya, dan banyak umat yg lain, karena mrk akan diutus utk mewartakan bhw  Yesus adalah Tuhan. Meski beda bangsa, beda bahasa dan budaya, mereka adalah saudara-saudarinya. Maka, org yg mbuat perpecahan, mengadu domba, memanas-manasi pihak lain, mengobarkan kebencian, menyebar hoax, sebetulnya melawan Roh Kudus.

Marilah kita mohon kepada Tuhan, agar berkat daya dan anugerah Roh Kudus,  dalam keadaan apa pun, kita tetap percaya bhw Yesus adalah Tuhan. Dan bersama Dia, akan muncul hal-hal yang besar.


Komentar

Postingan Populer