SALING MENDUKUNG - KOMPAK



RENUNGAN HARIAN 
Tgl 23 Mei 2020

Hari ini bacaan kitab suci diambil dari surat Yakobus. Isinya adalah pewartaan Yakobus tentang seorang murid Yesus yg lain.  Apolos namanya. Ia org Yahudi, kelahiran Alexandria, ahli kitab suci, yg dg penuh semangat mengajar bahwa Yesus adalah Mesias. Ia membantah orang-orang Yahudi dengan  kesaksian2 iman yg tertulis dalam KS (kitab suci). 

Yakobus yakin pula bahwa kata-kata Yesus (Yoh 16: 23b - 28 ) : "Mintalah maka kamu akan menerima, supaya penuhlah sukacitamu" ..telah meneguhkan Apolos dalam pewartaannya. Apolos meminta karunia yang dia butuhkan, agar apa yang diajarkan itu sesuai dengan rencana Allah sendiri, yang hendak menunjukkan kasih-Nya kepada anak-anak-Nya. Dia berhasil membantah org2 Yahudi bukan dg kekuatannya sendiri melainkan dg kasih karunia yg dia minta. Ia menjadi org yg sangat berguna, bagi umat di sana. 

Hikmah yg dpt kita petik: 

1.     Yakobus memunculkan org baru yaitu Apolos, dan  menyebut kelebihan dan talenta  org baru ini: fasih berbicara dan mahir dlm soal2 KS, dan berhasil membantah org2 Yahudi. Sementara  itu Paulus, pergi utk pelayanan ke tempat lain. Dia tidak memonopoli umat yg dilayani, mengenal dan mencintai dirinya sendiri saja. Dia mpersilakan penggantinya utk meneruskan apa yg telah dia mulai. Regenerasi dia lakukan.  

Tampak bahwa di antara para rasul ada kekompakan, sikap saling mdukung dan mengakui kelebihan dan talenta rekan mereka. Sikap / tindakan menjatuhkan rekan sekerja karena iri atau tersaingi, atau iseng dll adalah sikap / tindakan yg bertentangan dg karya Roh Kudus.  

2.     Kita sering sudah puas dg pemberian / anugerah yg kita terima, namun lupa / tidak mau dekat dg SANG PEMBERI.  Dengan kata lain,  kita mdekati Tuhan ketika butuh sesuatu. Ini berarti menjadikan Tuhan seperti mesin ATM, sesudah mdapat uang mesin ditinggalkan.  ( Mgr Nico Adi MSC).


Komentar

Postingan Populer