SHARING PENGALAMAN IMAN



RENUNGAN HARIAN 
Tgl 26 Mei 2020

Lukas mencatat dalam Kis 20: 17 -7  bahwa dalam perjalanan ke Yerusalem, Paulus berpesan kpd utusannya spy memanggil para petanua umat di Efesus datang kepadanya di Miletus.  Ketika mrk sdh datang, ia bersharing kepada mrk ttg tugas perutusan dan pelayanannya, cara hidupnya, sikapnya kpd umat, dan apa yg akan menimpa dirinya di Yerusalem. Dia pamit kpd mrk dg terus terang.

Yohanes mencatat isi doa Yesus kepada BapaNya ( Yoh 17: 1 - 11a): 1. Mohon diriNya dipermuliakan, 2.  Janji utk mpermuliakan pengikut2Nya, 3. Telah menyelesaikan tugasNya, 4. Para pengikutNya adalah milik BapaNya, 5. Dia diutus oleh Bapa, 6. Ia mendoakan para pengkutNya yg masih berjuang di dunia. 

Hikmah yg dapat kita petik: 

1.      Lukas mencatat peristiwa2 penting menyangkut perkembangan iman dan kesaksian hidup para pewarta sabda Allah. Yohanes mencatat saat2 terakhir kehidupan Yesus,  guruNya, doanya dan harapanNya kepada BapaNya.  Mencatat dan menceritakan kembali peristiwa dan pengalaman iman, sungguh amat penting bagi generasi berikutnya. 

Pada jaman now ini, org lebih berminat dan lebih sering kirim foto2 pemandangan / penampilan diri / makanan / bintang2 film, bahkan binatang2 piaraannya.  Amat jarang org yang mau menulis pengalaman kemasyarakatan / pengalaman iman dan menampilkan foto yg bernilai luhur bagi perkembangan pribadi manusia. 

Wabah covid rupanya memberi lebih banyak waktu untuk berkumpul bersama anggota keluarga, warganya, orang-orang sekampung atau se desanya, dan menggugah kesadaran akan pentingnya bersharing  antar anggota keluarga dan menulis  nilai2 luhur yg sdh lama luntur karena tuntutan "pasar,  mode, administratif dan jabatan".  

2.     Yesus memohon diriNya dipermuliakan BapaNya sebab Dia telah mpermuliakan BapaNya selama di dunia ini, dg melakukan pekerjaan BapaNya dg sempurna.  Dia mberikan teladan:  sebagai Anak, Dia hormat kepada Bapa -Nya. Maka, hendaknya kita juga meneladan Dia dg berusaha memuliakan Bapa surgawi, bapa-ibu kita, dan mereka yg telah mbantu kita menjadi pribadi yg dimuliakan oleh masyarakat kita. 

3.     Sebelum kita minta, Yesus telah mendoakan kita yg berjuang di dunia ini agar mengalami kehidupan yg damai, ada di jalan Tuhan dan kelak mendapatkan kehidupan kekal. Pantaslah kita mengucap terima kasih kepadaNya.

Marilah kita pada hari Novena Roh Kudus hari kelima, memohon Roh kesetiaan, agar kita dapat melaksanakan tugas luhur yang dipercayakan kepada kita.

Komentar

Postingan Populer