KIMAAM DIBANTU UKIBC VANCOUVER



PEMBACA YANG BUDIMAN

SYALOOM.....

Tahun 2008, saya berkunjung ke Vancouver - Canada. Kehadiran saya di sana disambut oleh UKI-BC  ( Umat Katolik Indonesia - British Columbia ) dengan sukacita. Pada kesempatan yang berbahagia itu, saya membawa 1 misi kemanusiaan, yaitu meningkatkan kualitas pendidikan di SD Don Bosko - Kimaam - Kab. Merauke. Gagasan kecil namun penting itu, disambut dan ditanggapi dengan serius oleh rekan-rekan UKIBC yang sebenarnya tidak banyak jumlahnya. Sumbangan mereka sejak itu mengalir setiap bulan ke Merauke, dan telah memberikan andil besar dalam mengangkat pendidikan di SD tersebut.

Telah lebih dari 30 tahun, SD tersebut dikelola oleh guru-guru PNS. Selama itu pula mutu pendidikan mulai surut. Ratusan anak sekolah di pusat kecamatan Kimaam, tidak mendapatkan pendidikan yang berarti, apalagi mereka yang jauh di pelosok-pelosok. Guru-guru datang semau mereka. Bahkan mereka sering tidak datang, atau datang ke sekolah namun tidak mengajar. Banyak kali ditemukan kelas-kelas yang kosong, dan anak-anak hanya duduk-duduk saja.   Kalau situasi ini dibiarkan, kapan mereka bisa mendapatkan generasi muda yang cerdas dan bermutu dan dapat diandalkan ?


Atas bantuan mereka dan para donatur lain, SD Don Bosko telah mempunyai 6 orang guru non PNS. Ketertiban, kedekatan dan kesetiaan para guru dalam mengajar, telah memulihakan kepercayaan pada diri anak didik mereka. Dulu murid-murid hanya berkisar 150 - 200 orang, sekarang jumlahnya 315 orang. Sebuah kenaikan yang patut dibanggakan. Mereka masuk sekolah jam 07.15 dan selesai jam 12.00 setiap hari.  



Melalui blog ini, saya ingin memberikan apreasi dan ucapan terima kasih kepada rekan-rekan UKIBC yang telah berperan serta dalam meningkatkan mutu pendidikan di Kimaam. Dari uraian yang akan saya paparkan seutuhnya, anda dapat "merasakan usaha mereka untuk mengumpulkan dana, dan kesetiaan mereka dalam menghimbau dan mengajak rekan-rekan yang lain untuk bergabung".

Bapak John Oei, sebagai penghubung di Vancouver, telah menulis sbb:

20 Februari 2013 
Kami berterima kasih pada jajaran team pelaksana CNY13 yang telah begitu gemilang berhasil menghadirkan pesta asri dan menyenangkan bagi semua hadirin. Terutama juga kami syukuri good will untuk menyisihkan sebagian surplus dana untuk disumbangkan bagi kemajuan dan perbaikan pendidikan SD Don Bosco diKimaam, bagian dari Program Kemanusiaan Merauke UKI-BC.  Partisipasi sumbangan ini amat besar artinya, untuk itu kami ingin berterima kasih sekali lagi.

 Pelayan/administrasi PKMerauke UKIBC
John Mely, Magda, Joanna, Andreas

Pada tanggal yang sama, beliau mengirim email kepada semua rekan UKIBC, sehubungan dengan email yang beliau terima dari saya.  Kita simak tulisannya, yang dikirim tanggal 20 Februari 2013:

Teman2 sesama UKI di BC,

berikut ini kami fwd-kan surat laporan dari bapak uskup Msgr Nicholaus Adi Seputra MSC, mengenai sikon serta perkembangan SD Don Bosco di Kimaan, Merauke, Papua Selatan.  Tanpa terasa Program Kemanusiaan Merauke yang diawali oleh UKIBC911 dalam tahun 2010, dan yang semula hanya di "komit"kan untuk  setahun, ternyata berkat kerjasama dan bantuan anda sekalian, sampai kini masih berjalan dan kita sudah memasuki bulan kedua ditahun keempat!

Aku percaya sebagian besar dari kita - kalau tidak semua nya -  pertama kali  tahu Yesus  dan biografiNya sewaktu sebagai anak2, pertama kali dimasukkan di sekolah Katolik atau Kristen. Giliran kita sekaranglah untuk juga ikut membantu pemberitaan Injil Yesus Kristus, lewat sumbangan kepada misi Katolik Indonesia yang berada di salah satu daerah terpencil di "ujung dunia", yaitu di Kimaam, Merauke. Selain pemberitaan mengenai keselamatanNya, sekolah Katolik juga menghadirkan pendidikan serta pengajaran yang mutunya sudah kita alami.

Semoga laporan dari Msgr Niko Adi ini bisa bantu lebih meyakinkan serta menambah semangat anda untuk tetap menyumbang [lagi] atau bahkan menambah donasinya...

Salam hangat dan Tuhan berkati,

John Mely

 Dengan bahasa yang lugas dan enak dibaca / dirasakan, Bpk John Oei meneruskan email kedua yang beliau terima dari saya.  Email itu beliau kirimkan tanggal 26 Februari 2013 :



Dear teman2 semuanya,
Kami gembira melihat foto2 yang baru2 ini (tgl 16 y.l) dikirimkan oleh uskup KAMe Mgr Niko Adi MSC dan susulan 3 foto berikut ini, merupakan tambahan agar kita bisa "melihat", mengikuti dan punya gambaran kegiatan sektor pendidikan disana.

UKIBC, sebagai organisasi sosial Katolik, melibatkan diri dalam Program Kemanusian Merauke, khususnya untuk membantu realisasi upgrading pendidikan dan pengajaran  di SD Don Bosco - Kimaam, Merauke, Papua Selatan.

Bagi anggauta UKIBC yang belum mengetahuinya, dibawah ini kami lampirkan sekali beberapa links, terutama yang #3, terkait awal digulirkannya PK Merauke ini.  Kalau anda tergerak untuk ikut membantu program ini, mohon hubungi kami atau kirimkan sumbangan langsung kepada ICS/UKIBC   POB 19503, Vancouver, BC, V5T 4E7                         
               
Selain bisa ikut membantu misi Katolik Indonesia dalam karya pewartaan secara umum, secara khususnya kita seharusnya bersyukur diberiNya kesempatan pula untuk ikut berpartisipasi, secara tidak langsung, dalam penginjilan dan pendidikan, disalah satu penjuru daerah terpencil dan miskin di"ujung dunia", yaitu Kimaam, Merauke. " Merekapun pergilah memberitakan Injil kesegala penjuru, dan Tuhan turut bekerja dan meneguhkan  Firman itu dengan tanda-tanda yang menyertainya. (Mrk 16:20)."

Any amount of donation would be welcome and highly appreciated. Kami percaya di ladang Tuhan ini masih banyak pekerjaan2 dengan pembiayaan yang mutlak perlu/layak dibantu.

Semoga Allah Tritunggal Mahakudus mengaruniakan rahmat kasih dan damai sejahtera pada kita semua, Tuhan berkati !

John Mely [ & Magda, Joanna, Hong ]

Luar biasa karya Allah, melalui UKIBC...... Proficiat atas keberanian anda menjadi saksi Kristus, dan kesetaian anda dalam membantu kegiatan kemanusiaan di Kimaam. Semoga anda semua semakin yakin akan kata-kata Yesus ini: "Apa yang kamu perbuat bagi salah seorang dari saudara-Ku yang paling hina, itu kamu lakukan untuk Aku. Masuklah dalam kebahagiaan Tuanmu".

Komentar

Postingan Populer