SHARING NATAL

PEMBACA YANG BUDIMAN

syaloom........

Saya baca artikel ini untuk anda. Sebuah artikel sederhana dari Klaten .....yang berisi sharing pada saat ibadah natal. Mari kita simak isinya:

Seorang Muslim bawa renungan di Malam Natal

Seorang Muslim warga Pluneng, Kecamatan Kebonarum, Klaten, Jawa Tengah, Udi Prasojo, didaulat Romo Vincentius Kirjito mengisi sepenggal renungan mengenai kebersihan lingkungan di wilayah tersebut, saat renungan misa Natal di gereja setempat, Sabtu (4/12) malam, seperti dilansir metrotv.com.

Udi yang saat misa malam Natal itu menjadi salah satu warga yang turut mengamankan jalannya ibadah tersebut, sontak terkejut saat Romo Kirjito memanggilnya dan mempersilakan untuk berbicara di hadapan sekitar 2.000 umat di Gereja Katolik Paroki Roh Kudus Kebonarum. Pada kesempatan tersebut, Udi diminta menceritakan pengalamannya menyelamatkan kebersihan sungai dan saluran irigasi dari “serbuan” sampah rumah tangga yang dibuang oleh warga setempat.

“Rumah saya yang berada tepat di samping saluran irigasi, dan otomatis setiap hari saya melihat sampah-sampah memenuhi saluran tersebut. Akhirnya saya dan warga berinisiatif untuk membersihkannya. Tentu saja saat membersihkan sampah tersebut saya menggerutu, tetapi lama-lama saya berfikir untuk apa menggerutu, lebih baik berzikir,” katanya.

Ribuan umat di gereja tersebut langsung bertepuk tangan mendengar penuturan Udi. Tak hanya Udi yang didaulat oleh Romo Kirjito menuturkan pengalaman dan perjuangannya membersihkan sungai dan saluran irigasi di sekitar gereja tersebut dari sampah, tetapi ada dua orang lagi yang menyampaikan hal serupa. Setelah itu Romo Kirjito meminta kepada seluruh umat agar mendoakan Udi dan orang-orang yang telah berbuat positif dalam mengupayakan kebersihan lingkungan, terutama sungai dan saluran irigasi agar terbebas dari sampah dengan membaca Salam Maria.

Saat Misa Malam Natal, paroki itu memilih tema: “Kebersihan lingkungan, terutama menyangkut kebersihan air di sekitarnya.” Romo Kirjito dalam khotbahnya mengatakan bahwa air merupakan unsur luar biasa yang sangat dibutuhkan semua makhluk, tak terkecuali Allah yang lahir dari kandungan Maria.

“Pada saat bumi masih gelap gulita, roh Allah melayang-layang di atas air. Air pun sangat luar biasa, karena selama di dalam kandungan Maria, Allah adalah air. Jadi sebenarnya kalau kita melihat air, kita merasakan roh Allah. Marilah kita mencari jati diri dari roh Allah dengan memanfaatkan air sebaik-baiknya,” katanya.

Komentar

Postingan Populer