TIGA SERANGKAI BERTEMU




Tiga orang yang saling berjauhan tempat tinggalnya: Diakon Pancha Anugerah di Atlanta -USA, ibu Densy Chandra di High-Land San Bernardino-USA (4 jam terbang) dan Mgr Niko MSC di Merauke (26 jam terbang) akhirnya bisa duduk semeja dan makan bersama di Atlanta. Orang-orang yang dulunya tidak saling mengenal, dan tidak ada komunikasi apa pun, melalui kebaikan banyak orang dan tentu berkat dan kasih Allah, kini menjadi saudara.
Melalui bapak Petrus Tjahjadi yang tinggal di Vancouver, bulan Februari 2009 terpikirkan rencana kunjungan ke Vancouver. Ketika rencana itu didengar oleh Keluarga-keluarga Katolik Indonesia (KKI) di USA, mereka pun rindu untuk mendapat kunjungan itu. Maka, terbukalah dan terjalinlah komunikasi antara para pengurus KKI Canada dan USA. KKI Canada lebih dikenal dengan nama UKIBC (Umat Katolik Indonesia British Columbia) sedangkan di USA ada yang disebut WKICU, KKI LA dll. Persiapan untuk menerima kunjungan Uskup Agung Merauke ke kedua negara itu telah disusun dengan rapi dan jadwal sudah diedarkan ke para pengurus.
Sayang, visa untuk ke USA belum keluar ketika kunjungan yang telah dijadwalkan itu harus dilaksanakan. Maka, bulan November 2009 yang lalu, hanya ke Canada kunjungan itu terlaksana. UKIBC kebagian banyak waktu, karena Mgr Niko rencananya berkunjung ke dua negara, karena kesulitan visa USA itu, beliau batal berkunjung ke USA dan hanya ke Canada. Mgr Niko diajak ke Abbot-fort, keliling kota Vancouver, dan ke Victoria.
Namun, setelah tiba di tanah air, berita gembira muncul juga. Pada tanggal 17 Desember 2009 ada berita bahwa permohonan visa USA dikabulkan, bahkan untuk kurun waktu yang cukup lama: 5 tahun. Syukur kepada Allah. Atas dasar itu, komunikasi antara USA dan Merauke menjadi makin lancar. Rencana kunjungan kembali ditetapkan tanggal 20 – 31 Mei 10. Semuanya ok, dan dijadwalkan dengan rapi. Diakon Pancha dan rekan-rekannya di Atlanta, ibu Densy di San Bernardino (SB) dan Mgr Niko saling berkomunikasi untuk mewujudkan kegiatan dengan KKI- USA dan kunjungan ke beberapa keuskupan dan lembaga pendidikan di USA.
Sabtu, 29 Mei 2010 di Atlanta, USA di sebuah restoran, bersama dengan para pengurus KKI Atlanta, ketiga serangkai itu bertemu. Melalui perjalanan panjang, dan dibantu oleh begitu banyak orang yang turut menyiapkan kunjungan itu, pertemuan yang membahagiakan dan menyatukan itu terjadi. Dalam Tuhan dan dalam Gereja katolik yang kita cintai, pertemuan itu telah membawa berkat dan damai bagi banyak orang.
Yang ada di hati ini adalah rasa syukur dan terima kasih. Syukur kepada Tuhan, dan terima kasih kepada anda semua yang telah memungkinkan pertemuan persaudaraan dan mempererat tali kasih antara kita terjadi. Bapak Petrus Tjahjadi yang saya kenal ketika saya masih duduk di bangku kuliah (frater tingkat VI) tahun 1988, telah menjadi jembatan atau pintu kasih bagi terbukanya persaudaraan antara umat katolik di Merauke dan UKIBC dan KKI USA. Rencana Tuhan sungguh indah, tidak terpahami sejak semula, namun sungguh nyata.

Komentar

Postingan Populer