KUNJUNGAN KE CALIFORNIA


Kunjungan ke USA yang tertunda tahun 2009 yang lalu, kini telah menjadi kenyataan. Tgl 18 Mei 2010 setelah mengadakan perjalanan panjang, akhirnya Mgr Niko tiba dengan selamat di Los Angeles jam 20.35 waktu setempat. Perjalanan Jakarta - LA ditempuh dengan menumpang pesawat EVA AIR selama 15,5 jam dengan transit di Taipei.

Ada cukup banyak orang Indonesia yang juga terbang ke Taipei dan ke LA atau tujuan lainnya. Mereka ada yang mau sekolah, ada juga yang mau cari kerja, dan ada banyak juga yang telah menjadi warga negara USA. Perhubungan yang lancar, kemampuan ekonomi, dan kemampuan seseorang / komunitas untuk membuka jaringan kerja dan peluang, memungkinkan orang / komunitas untuk makin maju dan berkembang.

Di tempat-tempat orang berkumpul dan bekerja itu, saya melihat betapa banyak orang yang berusaha untuk maju dan memajukan sesamanya. Ada begitu banyak kemungkinan dan peluang untuk maju. Ada begitu banyak fasilitas dan sarana penunjang kemajuan. Ada begitu banyak orang yang telah menyediakan peluang dan fasilitas itu. Ada banyak peluang yang disediakan bagi orang yang mau mengambil / memanfaatkan peluang itu.

Di atas semuanya itu, ada begitu banyak orang yang telah memungkinkan terjadinya kerja sama antar bangsa / antar umat manusia. Telah banyak orang yang telah berhasil membangun kepercayaan, dan ada banyak orang pula yang dapat dipercaya dan mengembangkan kepercayaan itu. Kepercayaan itu makin berkembang karena dilandasi oleh motivasi dan hidup manusia yang mendasarkan diri pada nilai-nilai kebaikan dan kebenaran, keadilan dan kejujuran, perdamaian serta mental mau bekerja keras.

Banyaknya orang dari pelbagai belahan dunia dan berkumpul serta bekerja di suatu wilayah tertentu, mencerminkan bahwa manusia di tanah itu adalah manusia cinta damai dan pencipta damai. Damai bukan jatuh dari langit, namun bisa diusahakan untuk hadir dan dialami oleh manusia.

Semua yang terjadi itu, tidak mungkin akan berkelanjutan dan bertahan bila Roh Allah tidak bekerja. Melalui manusia dari pelbagai penjuru bumi, Roh Allah telah bekerja secara istimewa untuk menghadirkan apa yang dibutuhkan manusia dan dunia. Manusia dilibatkan dalam karya besar dan karya agung Tuhan bagi sesamanya.

Komentar

Postingan Populer